Deskripsi Portal Karya Ilmiah Fisip Unmul

Portal Karya Ilmiah Fisip Unmul adalah portal tempat mengonlinekan dan/atau men-database-kan (penginputan meta data) karya-karya ilmiah  dosen dan mahasiswa Fisip Universitas Mulawarman.

Untuk dosen, pengonlinean file karya ilmiah (file PDF hasil penelitian, tulisan di jurnal ilmiah, buku-buku, dsb) serta pendatabasean/pengisian data karya ilmiah tsb (input meta data) keduanya dilakukan di web portal karya ilmiah ini. Untuk file karya ilmiah dosen yang sudah online di web lain,  hanya pengisisan data portal (penginputan meta data) yang perlu dilakukan di web ini.
Untuk mahasiswa, yang bersangkutan hanya perlu mengisi (menginput) meta data di web portal karya ilmiah ini. Untuk mahasiswa S1, pengonlinean karya ilmiah mahasiswa berupa file artikel ejournal dilakukan di situs/web ejournal Prodi mereka masing-masing. Untuk mahasiswa S2, pengonlinean artikel eJournal dilakukan di situs eJournal Program Magister Ilmu Administrasi Negara.

Dengan adanya input meta data portal, maka semua file karya ilmiah para dosen dan mahasiswa Fisip Unmul yang telah dionlinekan bisa ditelusuri dan diakses. Dengan demikian, portal ini menjadi pintu gerbang (gateway) ke semua artikel-artikel atau karya ilmiah dosen dan mahasiswa Fisip Unmul yang dionlinekan di Internet (Faculty’s gateway).

 portal3

Deskripsi tentang isi portal, prosedur pengisian data portal, dan lain sebagainya dipaparkan dalam uraian berikut.

Data Portal Dosen
Untuk para dosen yang ingin mengusulkan kenaikan jabatan fungsional, Dikti mewajibkan para dosen dimaksud untuk mengisi data portal di portal karya ilmiah Dikti yang bernama Garuda (Gerbang Rujukan Digital), portal perguruan tinggi, atau media lain yang telah ditentukan. Portal Fisip Unmul adalah portal perguruan tinggi di tingkat Fakultas. Isian data-data portal di Fisip Unmul dibuat persis sama dengan isian data portal di Garuda (lihat formulir pengajuan data portal dosen).

Data Portal Mahasiswa
Dikti mewajibkan para mahasiswa mulai dari S1 s/d S3 untuk menerbitkan tulisannya di jurnal ilmiah, baik jurnal dalam bentuk cetakan (print journal) atau jurnal elektronik (electronic journal atau eJournal), yang hasil publikasinya bisa diakses dengan mudah oleh publik. Untuk menindaklanjuti kebijakan tersebut, Fisip Unmul mendorong dan memfasilitasi semua Prodi untuk membuat eJournal untuk menampung artikel jurnal ilmiah mahasiswa Fisip Unmul yang materinya bersumber dari skripsi. Agar semua artikel mahasiswa Fisip Unmul bisa diakses dengan mudah oleh publik, maka Portal ini akan menjadi pintu gerbangnya. Untuk tujuan dimaksud, maka para mahasiswa Fisip Unmul yang telah mengonlinekan artikelnya di eJournal prodi masing-masing, wajib mengisi data portal mahasiswa, yang formatnya sama persis dengan data portal dosen/Dikti. Bukti pengisian data portal (serta bukti pengisian data dan penyerahan file ejournal) wajib dilampirkan ketika mengajukan permohonan yudisium/bukti kelulusan.

Prasyarat Pengisian Data Portal Dosen dan Mahasiswa

Ada 10 poin yang perlu diisi untuk melengkapi data portal menurut format Dikti/Fisip. Dari 10 poin tersebut, ada satu poin yang terpenting, yakni data Identifier/Permalink (permanent link), yakni link ke website dimana artikel/file tsb dionlinekan.
Jadi untuk bisa melengkapi isian data Portal, maka artikel atau karya ilmiahnya harus dionlinekan terlebih dahulu. URL (Uniform Resource Locator) atau link ke file karya ilmiah yang dionlinekan inilah (identifier/ permalink) yang diinput ke formulir isian data portal.

Pengonlinean File Karya Ilmiah
Untuk dosen, file karya ilmiah dionlinekan di portal ini dengan mengisi formulir dan mengupload filenya di Formulir Pengajuan Karya Ilmiah Dosen. Untuk mahasiswa, file karya ilmiah/artikel eJournal dionlinekan situs eJournal Prodi masing-masing, yang linknya bisa dilihat di sini.

Bukti Pengajuan Karya Ilmiah/Artikel eJournal dan Data Portal

Setelah mengisi formulir pengajuan karya ilmiah atau eJournal dengan benar dan sukses, maka ringkasan data yang disampaikan akan tampil. Dipojok kanan atasnya akan tampil dua icon, yakni Print dan PDF, yang jika diklik salah satunya akan bisa langsung diprint (jika komputer terhubung dgn printer). Hasil print ini adalah bukti bahwa dosen dan–terutama–mahasiswa ybs sudah mengajukan/mengonlinekan karya ilmiah. 
Untuk mendapatkan bukti pengajuan/pengisian data portal, prosesnya sama dengan yang dilakukan dalam pengisian data karya ilmiah. Yakni, setelah sukses mengisi data portal, di pojok kanan atas hasil isian akan tampil icon Print dan PDF.  Melalui salah satu icon ini, data isian bisa langsung diprint di printer.  Hasil print ini adalah bukti bahwa yang bersangkutan sudah mengisi data portal (meta data di portal).

================================================

Situs-situs eJournal Prodi S1 di Fisip Unmul


================================================
Situs eJournal Program Pascasarjana (S2): Administrative Reform
================================================
Situs Test Drive Portal Karya Ilmiah: Portal Karya Ilmiah – Test Drive

Situs Test Drive eJournal Prodi-Prodi S1: eJournal Prodi S1 – Test Drive

Situs Test Drive eJournal MIAN (S2): eJournal Adm. Reform – Test Drive
================================================