IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DI SMPN 2 SAMARINDA (Desita Anggraini)

February 5, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 5, 2020 @ 10:45 AM
IP: 180.248.83.36

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DI SMPN 2 SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Desita Anggraini
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Full Day School
  • 4. Description [Abstrak] : ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Full Day School di SMPN 2 Samarinda, serta faktor penghambat dalam implementasi Full Day School. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu ketidakpuasan kelompok sasaran, daya tangkap siswa, sarana dan prasarana, komunikasi serta faktor-faktor penghambat dalam implementasi full day school di SMPN 2 Samarinda. Dalam penelitian ini key informan adalah Kepala Sekolah dengan informan lainnya adalah Waka Kurikulum, guru serta orangtua siswa dan siswa di SMPN 2 Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi full day school di SMPN 2 Samarinda daya tangkap siswa masih rendah yang disebabkan kelelahan, terdapat beberapa keluhan baik dari siswa maupun orangtua siswa terkait kenaikan biaya sekolah serta pelaksanaan waktu belajar yang seharian penuh, serta ketersediaan sarana dan prasarana yang belum maksimal penggunaannya seperti, tidak tersedianya laboratorium untuk program studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), beberapa unit komputer yang mengalami kerusakan serta jaringan internet yang tidak stabil dan kurangnya sosialisasi yang diberikan pihak sekolah kepada orangtua siswa. Sehingga pada pelaksanaan di lapangan belum bisa dikatakan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Adapun faktor-faktor penghambat dalam implementasi full day school di SMPN 2 Samarinda yaitu rasio guru terhadap siswa kurang memadai, ketidaksiapan bawahan dalam menerima tugas, dan penempatan Kepala Penanggungjawab Program (PJP) dalam penugasan yang tidak sesuai dengan kualifikasi yang tepat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr.H. Syahrani, M.Si dan Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejurnal

Loading