Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Pengikut Akun Instagram @makanasmr (Davina Mellysa)
December 9, 2025
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Mellysa, Davina
On: Dec 9, 2025 @ 8:40 AM
IP: 180.247.252.241
- 1. Title [Judul]: Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Pengikut Akun Instagram @makanasmr
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Davina Mellysa
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Electronic Word of Mouth, Minat Beli, Komunikasi Pemasaran
- 4. Description [Abstrak] : Minat beli konsumen merupakan faktor penting dalam mendukung keberlangsungan usaha, terutama di era digital yang semakin kompetitif. Salah satu cara untuk meningkatkan minat beli adalah melalui Electronic Word of Mouth (e-WOM), yaitu aktivitas penyebaran informasi, ulasan, maupun rekomendasi konsumen terhadap produk melalui media sosial atau internet. Kehadiran e-WOM dapat menjadi strategi komunikasi pemasaran yang efektif dalam menarik perhatian sekaligus memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap minat beli pengikut akun Instagram @makanansmr. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang dan penyebaran kuesioner sebagai instrumen penelitian serta teknik analisis data menggunakan Uji Regresi Sederhana menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pengikut akun Instagram @makanansmr. Hasil dari perhitungan Uji T diperoleh nilai thitung 8.648 > ttabel 1,660 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. Nilai R Square sebesar 0,433 menunjukkan bahwa e-WOM mampu memengaruhi minat beli sebesar 43,3%, sedangkan 56,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-WOM merupakan salah satu variabel penting yang berkontribusi dalam meningkatkan minat beli konsumen di media sosial.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos., M.Med.Kom
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2025
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=5169
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article
![]()

