Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Kesadaran Politik Terhadap Partisipasi Politik Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) Tahun 2014 di Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda (Taufik Hidayat)

December 22, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Dec 22, 2016 @ 10:50 AM
IP: 192.168.100.38

  • 1. Title [Judul]: Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Kesadaran Politik Terhadap Partisipasi Politik Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) Tahun 2014 di Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Taufik Hidayat
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: status sosial ekonomi, kesadaran politik, partisipasi politik, kelurahan karang
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini membahas tentang pengaruh status sosial ekonomi dan kesadaran politik masyarakat terhadap partisipasi politik pada Pileg tahun 2014 di Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. Karya ilmiah ini berargumentasi bahwa status sosial ekonomi dan kesadaran politik mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap partisipasi politik masyarakat pada pemilihan legislatif (pileg) tahun 2014.
    Sampel dalam penelitian ini sebanyak 99 orang dari total populasi berjumlah 12.576 orang. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner, wawancara dan observasi langsung ke lapangan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis statistic menggunakan rumus korelasi product momen, analisis regresi linier sederhana, regresi berganda dan dilanjutkan koefisien penentu dan koefisien determinasi, yang dibantu dengan bantuan komputer program SPSS versi 16.0.
    Adapun hasil penelitian ini, pertama terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi terhadap partisipasi politik pada pemilihan legislatif (pileg) tahun 2014 di Kelurahan Karang Anyar, dengan korelasi 0,527. Kedua terdapat hubungan (korelasi) yang positif dan signifikan antara kesadaran politik terhadap partisipasi politik pada pemilihan legislatif (pileg) tahun 2014 di Kelurahan Karang Anyar, dengan korelasi 0,606. Ketiga, status sosial ekonomi dan kesadaran politik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi masyarakat Kelurahan Karang Anyar pada pileg tahun 2014. Keempat, besarnya pengaruh status social ekonomi dan kesadaran politik terhadap partisipasi politik pada pileg tahun 2014 di Kelurahan Karang Anyar adalah 39% dan sisanya 61% dipengaruhi oleh variabel-variabel atau faktor-faktor lain.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : 1. Budiman, S.Ip, M.Si 2. Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email