Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan SPBU Pertamina Retail No. 61.751.02 Karang Asam (Erry Roesfitasari)

May 26, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: roesfitasari, erry
On: May 26, 2015 @ 12:01 PM
IP: 110.139.150.204

  • 1. Title [Judul]: Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan SPBU Pertamina Retail No. 61.751.02 Karang Asam
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Erry Roesfitasari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas pelayanan, Kepuasan pelanggan
  • 4. Description [Abstrak] : Mahasiswa Program S1 Ilmu Admistrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. EmailPertamina Retail No. 61.751.02 Karang Asam di Samarinda adapdi bawah bimbingan Bapak Sigit Muharam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Terhadap Kepuasan Pelanggan SPBU Pertamina Retail No. 61.751.02 Karang Asam di Samarinda. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil peneitian meunjukan garis regresi yang menggambarkan pengaruh variabel Berwujud (X1), Keandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), dan Empati (X5), terhadap kepuasan pelanggan (Y) adalah yang berkorelasi terhadap Kepuasan Pelanggan regresi sebagai berikut : Y = 0,409 + 0,142 X1 + 0,020 X2 + 0,283 X3 + 0,464 X4 – 0,032 X5. Nilai R (Koefisien Korelasi) yang diperoleh sebesar 0,719 dan nilai R Square (Koefisien Determinasi) sebesar 0,517 atau 51,7%. Hal ini menunjukan terdapat hubungan yang positif dan Kuat antara variabel berwujud, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati pelanggan SPBU Pertamina Retail No. 61.751.02 Karang Asam di Samarinda. Hal ini dapat dilihat berdasarkan interprestasi koefisien korelasi bahwa perhitungan tersebut berada pada interval 0,600 – 0,799, maka keduannya memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat. Uji simultan (uji F) dengan tingkat kepercayaan 95% membuktikan bahwa secara simultan variabel Berwujud (X1), Keandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), dan Empati (X5), berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Uji parsial (uji T) menunjukkan bahwa variabel Daya Tanggap (X3), dan Jaminan (X4) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) sedangakan variabel Berwujud (X1), Keandalan (X2) dan Empati (X5) secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Variabel Jaminan (X4) merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap Kepuasan pelanggan SPBU Pertamina Retail No. 61.751.02 Karang Asam.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Ir. Noercahyono. MM. Dan Rina Juwita , MHRIR.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 26 Mei 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading