TINJAUAN PELAYANAN PT PLN (PERSERO) WILAYAH KALIMANTAN TIMUR AREA SAMARINDA RAYON SAMARINDA KOTA (Muhlisin Maulana)
May 22, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: maulana, Muhsin
On: May 22, 2015 @ 11:38 AM
IP: 110.139.150.204
- 1. Title [Judul]: TINJAUAN PELAYANAN PT PLN (PERSERO) WILAYAH KALIMANTAN TIMUR AREA SAMARINDA RAYON SAMARINDA KOTA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhlisin Maulana
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan, Gangguan, Pemasangan, Pemeliharaan, PT PLN (Persero) Rayon Samarinda
- 4. Description [Abstrak] : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, Tinjauan Pelayanan PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Timur Area Samarinda Rayon Samarinda Kota. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Muh. Jamal Amin, M.Si dan Bapak Budiman, S.IP, M.Si.
PT PLN merupakan salah satu BUMN yang bergerak dalam bidang penyediaan tenaga listrik yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan demikian PT PLN dituntut untuk menyediakan tenaga listrik yang berkualitas baik dari segi jumlah maupun mutunya. Selain itu PT PLN juga dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang profesional terhadap masyarakat atau pelanggan. Oleh karena itulah penulis bermaksud untuk mengadakan penelitian dengan judul “Tinjauan Pelayanan PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Timur Area Samarinda Rayon Samarinda Kota”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelayanan PT PLN (Persero) Area Samarinda Rayon Samarinda Kota. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam memeberikan pelayanan pada PT PLN (Persero) Area Samarinda Rayon Samarinda Kota. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kota Samarinda dengan unit analisis adalah Kantor PT PLN (Persero) Area Samarinda Rayon Samarinda Kota.
Penyelenggaraan pelayanan PT PLN (Persero) Area Samarinda Rayon Samarinda Kota yaitu gangguan (jaringan, pemadaman dan over load), pemasangan (pemasangan baru, perubahan daya dan migrasi) dan pemeliharaan (jaringan, trafo, dan fasilitas PLN). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, mengenai pelayanan PT PLN (Persero) Area Samarinda Rayon Samarinda Kota khususnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan pelayanan dalam upayanya mewujudkan kepuasan pelanggan atau masyarakat pengguna jasa. Pelayanan PT PLN (Persero) Area Samarinda Rayon Samarinda Kota selama tiga bulan terakhir (oktober-desember) yaitu gangguan jaringan terjadi sebanyak 41 kasus, pemasangan baru sebanyak 1.284 kasus, perubahan daya sebanyak 493 kasus, migrasi sebanyak 139 kasus dan pemeliharaan jaringan, trafo dan fasilitas PLN dilakukan setiap hari. Selain itu, ada faktor-faktor yang mendukung pelayanan pada PT PLN (Persero) Area Samarinda Rayon Samarinda Kota, yaitu faktor kesadaran, faktor aturan, faktor organisasi, faktor kemampuan-keterampilan dan faktor sarana pelayanan. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Muh. Jamal Amiin, M.Si Dan Budiman, S.IP., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 22 Mei 2015
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1300
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel