PERAN SATPOL PP DALAM MELAKUKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK PENERTIBAN PEDAGANG KAKI LIMA (STUDI KASUS PKL DI JALAN GAJAH MADA KOTA SAMARINDA) (Lidya Monalisa Francisca)

March 4, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 4, 2015 @ 3:14 PM
IP: 180.248.66.13

  • 1. Title [Judul]: PERAN SATPOL PP DALAM MELAKUKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK PENERTIBAN PEDAGANG KAKI LIMA (STUDI KASUS PKL DI JALAN GAJAH MADA KOTA SAMARINDA)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Lidya Monalisa Francisca
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran Satpol PP, Komunikasi Interpersonal
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak
    Lidya Monalisa Francisca, Peran Satpol PP dalam melakukan komunikasi interpersonal untuk penertiban pedagang kaki lima (studi kasus PKL di Jalan Gajah Mada Kota Samarinda) dibawah bimbingan Drs. Sugandi, M.Si dan Dra. Rita Kalalinggi, M.Si,
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran Satpol PP dalam melakukan komunikasi interpersonal untuk penertiban pedagang kaki lima di Jalan Gajah Mada Kota Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif ini secara spesifik lebih diarahkan pada penggunaan metode studi kasus. Ketentraman dan ketertiban umum serta menegakkan Perda dalam rangka mengoptimalkan pola standarisasi pelaksanaan tugas-tugas Satpol PP sudah dijalankan dengan baik oleh petugas alam penertiban terhadap PKL sehingga maksud, tujuan, sasaran Satpol PP dalam menjalankan tugas-tugasnya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Keterbukaan Satpol PP dalam menyampaikan pesan dan informasinya kepada PKL sudah jelas dan dapat dipahami oleh PKL mengenai aturan yang ada. Empati Satpol PP dalam menyampaikan pesan dan informasinya sudah dilakukan petugas kepada PKL dalam penertiban. Sikap mendukung Satpol PP terhadap PKL di Jalan Gajah Mada Kota Samarinda masih kurang baik. Sikap Satpol PP belum sepenuhnya dirasakan oleh PKL, yang berhubungan dengan sikap spontanitas Satpol PP dalam menyampaikan pesan dan informasi dengan tidak menunjukan sikap mendukung terhadap PKL dalam berjualan. Sikap positif Satpol PP dalam penyampaian pesan terhadap PKL masih kurang baik, hal ini dapat dilihat dari pernyataan sebagian dari PKL yang menganggap aparat kasar dalam melakukan penertiban. Namun ada PKL yang beranggapan, sikap baik dan sopan Satpol PP dengan PKL sudah dijalankan dengan sangat baik melalui komunikasi interpersonalnya. Kesetaraan pada Satpol PP dengan para PKL dalam melakukan penyampaian secara menyeluruh sudah baik.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Sugandi, M.Si & Dr. Rita Kalalinggi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 04 Maret 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Atikel

Loading