KERJASAMA PEMERINTAH KABUPATEN TANA TIDUNG DENGAN PT. INHUTANI I SESAYAP (Studi Kasus Perjanjian Penggunaan Lahan Di Desa Tideng Pale Kecamatan Sesayap) (Evita Arie Suci)

March 12, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Arie Suci, Evita
On: Mar 12, 2014 @ 8:38 PM
IP: 110.139.148.81

  • 1. Title [Judul]: KERJASAMA PEMERINTAH KABUPATEN TANA TIDUNG DENGAN PT. INHUTANI I SESAYAP (Studi Kasus Perjanjian Penggunaan Lahan Di Desa Tideng Pale Kecamatan Sesayap)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Evita Arie Suci
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kerjasama, Perjanjian, Kabupaten Tana Tidung, PT. Inhutani I (Persero)
  • 4. Description [Abstrak] : Evita Arie Suci

    Abstrak
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses, bentuk dan obyek kerjasama yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Tana Tidung dengan pihak PT. Inhutani I Sesayap. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tideng Pale Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung.
    Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, penelitian lapangan/observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah Bapak M. Arief Prasetiawan selaku Plh. Kepala Bagian Tata Pemeritahan, Bapak Ir. Sayuti Karim selaku Manajer PT. Inhutani I (Persero) Administratur Tideng Pale, dan Kantor Notaris Muchlis Tabrani, SH selaku selaku mediator pembuat akta notaris pada proses kerjasama tersebut.
    Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Tana Tidung dengan PT. Inhutani I Sesayap dalam hal penggunaan seluruh asset milik PT. Inhutani I Sesayap, dengan persyaratan yaitu pemberian ganti rugi kepada pihak PT. Inhutani I Sesayap oleh pemerintah Kabupaten Tana Tidung. Asset yang dimiliki pihak PT. Inhutani I Sesayap yaitu berupa lahan/tanah dan bangunan. Hal ini dibuktikan dengan adanya surat perjanjian kesepakatan dalam penggunaan asset tersebut yang di tandatangani oleh pihak Direksi PT. Inhutani I (Persero)Jakarta dan Bupati Tana Tidung.
    Faktor yang melatarbelakangi terjadinya kerjasama tersebut adalah tidak adanya asset lahan dan bangunan yang dimiliki oleh pemerintah Tana Tidung, kemudian faktor penghambat dari kerjasama ini adalah terkendalanya pemberian ganti rugi pada pihak Perusahaan karena belum adanya kepastian dari pihak BPN (Badan Pertanahan Nasional).

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra. Rita Kalalinggi, M.Si dan Lutfi Wahyudi, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 12 Maret 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading

Print Friendly, PDF & Email