Efektivitas Penerapan Aplikasi Ikaltim Dalam Perspektif Usability Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kalimantan Timur Kota Samarinda (Dimas Aditya Ramadhani)

November 8, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Publik, Administrasi
On: Nov 8, 2023 @ 12:41 PM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Efektivitas Penerapan Aplikasi Ikaltim Dalam Perspektif Usability Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kalimantan Timur Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dimas Aditya Ramadhani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Usability Aplikasi, iKaltim, Perpustakaan Digital
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Efektivitas Penerapan Aplikasi iKaltim Dalam Perspektif Usability di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kalimantan Timur Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian yaitu kemudahan, kecepatan, mudah diingat, Kesalahan, dan Kepuasan. Dalam penelitian ini yang menjadi key infroman adalah staff pustakawan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kalimantan Timur di Kota Samarinda. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen-dokumen. Analisis yang digunakan ialah analisis data model interaktif. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa Efektivitas Penerapan Aplikasi iKaltim Dalam Perspektif Usability di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kalimantan Timur Kota Samarinda sudah efektif, namun ada beberapa kesalahan yang terjadi saat penggunaan aplikasi iKaltim yaitu aplikasi sering kali terhenti dengan sendirinya pada saat digunanakan dan harus membuka kembali dan menuju halaman seperti sedia kala. Sedangkan kesalahan yang banyak dilakukan oleh pengguna ini berupa pengguna tidak mengerti bahwa kode verifikasi dikirim melalui email dan dapat masuk di spam, sehingga banyak pengguna yang menunggu kode verikasi masuk pada kotak masuk dan hal tersebut membuat proses pembuatan akun menjadi lebih lama dan membutuhkan waktu yang lebih lama.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle, M.AP.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 08/11/2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email