PERAN KEPALA KAMPUNG DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT (BBGRM) DI KAMPUNG SUKAN TENGAH KECAMATAN SAMBALIUNG KABUPATEN (Indah Virananda Thamrin)

September 21, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Thamrin, Indah
On: Sep 21, 2022 @ 8:53 AM
IP: 125.160.113.200

  • 1. Title [Judul]: PERAN KEPALA KAMPUNG DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT (BBGRM) DI KAMPUNG SUKAN TENGAH KECAMATAN SAMBALIUNG KABUPATEN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Indah Virananda Thamrin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Kepala Kampung, Partisipasi, Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran Kepala Kampung dalam meningkatkan partisipasi masyarakat melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Kampung Sukan Tengah Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau serta mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan partisipasi masyarakt melalui kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis secara mendalam mengenai peran kepala kampung dalam meningkatkan partisipasi masyarakat melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM).
    Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa peran Kepala Kampung dalam meningkatkan partisipasi masyarakat melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat di Kampung Sukan Tengah berjalan sesuai dengan melalui 3 peran, 1) peran Kepala Kampung sebagai motivator yaitu memotivasi dan mendorong seluruh elemen masyarat untuk bersama-sama menjalankan program Kampung yang berbasis gotong royong. 2) Peran Kepala Kampung sebagai Fasilitator yaitu dengan berusaha memfasilitasi bantuan berupa dana, alat dan tempat guna memperlancar pelaksanaan program BBGRM. 3) Peran Kepala Kampung sebagai Mobilisator yaitu dengan turun secara langsung dengan mengarahkan dan menggerakkan masyarakt untuk bersama-sama saling bekerja sama dalam mengikuti pelaksanaan program BBGRM. Kemudian faktor pendukung yaitu adanya tekad dari Kepala Kepala Kampung dan juga masyarakat bersama-sama dalam menjalankan program BBGRM sehingga dapat mewujudkan pembangunan Kampung yang lebih maju lagi, kemudian untuk faktor penghambatnya yaitu luasnya wilayah Kampung Sukan sehingga anggara dana yang terbilang masih kurang cukup.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Hj. Nur Fitriah, MS, Drs.H.Badruddin Natsir, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email