Strategi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Studi Kasus Desa WAhau Baru Kabupaten Timur) (Akhmad Rizal Sutiawan)

September 6, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 6, 2022 @ 8:14 AM
IP: 114.5.244.112

  • 1. Title [Judul]: Strategi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Studi Kasus Desa WAhau Baru Kabupaten Timur)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Akhmad Rizal Sutiawan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: strategi, pendapatan asli desa, badan usaha milik desa
  • 4. Description [Abstrak] : Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menganalisis strategi Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa di Desa Wahau Baru Kabupaten Kutai Timur kemudian dilihat dari beberapa indikator Strategi Pemerinta Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa di Desa Wahau Baru, yaitu : 1) pengaturan, 2) Pengelolaan, 3) Pemberdayaan Masyarakat. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling, narasumber dengan key informan adalah Kepala Desa Wahau Baru dan informan yang berasal dari Camat Muara Wahau, Kepala Desa, Sekretaris Desa Wahau Baru, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa Wahau Baru, Ktua BUMDes / Direktur BUMDes Jaya Mandiri, dan masyarakat Desa Wahau Baru. Penelitian ini berlangsung di Desa Wahau Baru, Kecamatan Kongbeng. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan, penelitian lapangan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
    Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan, dapat dipahami bahwa pelaksanaan strategi Pemerintah Desa untuk meningkatkan jumlah tenaga kerja asing di dalam negeri melalui pemanfaatan Badan Usaha Milik desa telah berjalan sangat baik dan dapat dicirikan sebagai telah sukses. Hal ini dikarenakan dampak masyarakat yang ditujukan kepada mereka karena memiliki pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya dan tidak dihalangi oleh orang lain, sehingga dapat bercirikan mandiri dan berkembang di Desa Wahau Baru.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Heryono Susilo Utomo. M.Si. dan Budiman.S.IP.M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

40 total views, 1 views today