Implementasi Kerjasama Indonesia-Singapura di Bidang Revolusi Industri 4.0 Sektor Makanan dan Minuman (Bagas Kharisma )

May 13, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Kharisma, Bagas
On: May 13, 2022 @ 2:37 PM
IP: 180.248.85.9

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Kerjasama Indonesia-Singapura di Bidang Revolusi Industri 4.0 Sektor Makanan dan Minuman
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Bagas Kharisma
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Industri 4.0, Industri makanan dan minuman, Kerjasama, Implementasi, Teknologi
  • 4. Description [Abstrak] : Bagas Kharisma (1702045059), dengan skripsi “Implementasi Kerjasama Indonesia-Singapura di Bidang Industri 4.0 Sektor Makanan dan Minuman”, dibawah bimbingan Ibu Dr. Finnah Fourqoniah. M.Si dan Ibu Dr. Yayuk Anggraini, M.Si, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.

    Revolusi Industri 4.0 memberi pengerauh yang besar terhadap seluruh negara tidak hanya negara-negar maju saja tetapi negara-negara berkembang juga terkena pengaruhnya seperti Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan terkait bagaimana implementasi kerjasama antara Indonesia dengan Singapura di bidang industri 4.0 sektor makanan dan minuman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe deskriptif dengan sumber data sekunder. Kemudian,untuk menjelaskan pertanyaan penelitian digunakan teori dan konsep Kerjasama Bilateral dan Implementasi.

    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bagaimana implementasi kerjasama antara Indonesia dengan Singapura di bidang Industri 4.0 sektor makanan dan minuman hasil yang didapat ialah Implementasi kerjasama yang dilakukan antara kedua negara memiliki 3 indikator yang pertama Singapura akan mentransfer pengetahuan teknologinya ke para produsen Indonesia melalui BPPI (Badan Penelitian dan Pengembangan Industri) Indonesia yang mana BPPI akan menunjuk perusahaan yang akan dipilih kemudian yang kedua Singapura dan Indonesia telah membangun jaringan digital untuk penyedia solusi teknologi Singapura dan para produsen Indonesia dengan terbangunnya Nongsa Digital Park, terakhir ketiga Indonesia dan Singapura akan membuat program pelatihan yang kemudian diterapkan dalam bentuk program Link and Match antara industri dengan instansi.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Hubungan Internasional
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Finnah Fourqoniah, M.Si dan Dr. Yayuk Anggraini, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: CCL, MIT, Open Document, dll

Loading

Print Friendly, PDF & Email