Pelaksanaan Program Keluarga Berencana di Puskesmas Mangkurawang Kelurahan Mangkurawang Kecamatan Tenggarong (Andini Wulandari)

February 11, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 11, 2022 @ 3:54 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: Pelaksanaan Program Keluarga Berencana di Puskesmas Mangkurawang Kelurahan Mangkurawang Kecamatan Tenggarong
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Andini Wulandari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Program Keluarga Berencana, Pasangan Usia Subur, Akseptor KB
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, manganalisis dan mengetahui Pelaksanaan Program Keluarga Berencana dan faktor pendukung dan penghambat Pelaksanaan Program Keluarga Berencana di Puskesmas Mangkurawang Kelurahan Mangkurawang Kecamatan Tenggarong. Pada penelitian ini penulis menggunakan Teknik deskriptif kualitatif yang menggambarkan tentang Pelaksanaan Program Keluarga Berencana di Puskesmas Mangkurawang Kelurahan Mangkurawang Kecamatan Tenggarong yang meliputi penyuluhan, sosialisasi dan pembinaan Program Keluarga Berencana. Teknik pengumpulan data yang perlu dikumpulkan, melalui penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field work research) melalui obsevasi langsung dilapangan, wawancara informan serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Keluarga Berencana di Puskesmas Mangkurawang Kelurahan Mangkurawang Kecamatan Tenggarong belum berjalan dengan maksimal, hal ini karena berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa masyarakat pasangan usia subur yang terdata berKB di Puskesmas Mangkurawang tidak sebanyak jumlah keseluruhan masyarakat yang ada di Kelurahan Mangkurawang, kurang optimal juga dikarnakan jumlah RT yang banyak dibandingkan dengan PKB yang hanya satu menyebabkan penyuluhan dan sosialisasi menjadi kurang maksimal atau kurang proposional serta penyuluhan dari Kader Puskesmas yang belum menyeluruh kepada masyarakat menyebabkan sebagian masyarakat yang belum mengetahui manfaat dari alat kontrasepsi dan masih ada masyarakat masih mempercayai mitos-mitos yang ada sejak dahulu. Dalam program pembinaan Keluarga Berencana di Puskesmas Mangkurawang Kelurahan Mangkurawang Kecamatan Tenggarong hanya terbatas pada masyarakat yang berkunjung di Puskesmas atau masyarakat yang berkunjung di Posyandu.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. M.Z. Arifin, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Journal

Loading

Print Friendly, PDF & Email