PERSEPSI MASYARAKAT DALAM MEMPEROLEH IZIN BANGUNAN DI DESA BUKIT PARIAMAN KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA ( PERDA KUTAI KARTANEGARA NOMOR 10TAHUN 2007 ) (Dwi Firdaus Kindo)

October 8, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 8, 2015 @ 11:52 AM
IP: 36.82.224.226

  • 1. Title [Judul]: PERSEPSI MASYARAKAT DALAM MEMPEROLEH IZIN BANGUNAN DI DESA BUKIT PARIAMAN KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA ( PERDA KUTAI KARTANEGARA NOMOR 10TAHUN 2007 )
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dwi Firdaus Kindo
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Persepsi Masyarakat, Peraturan Daerah, Izin Mendirikan Bangunan
  • 4. Description [Abstrak] : Dwi Firdaus Kindo, program studi Ilmu pemerintahan, Jurusan Administrasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman Samarinda. Persepsi Masyarakat Dalam memperoleh Izin Mndirikan Bangunan di Desa Bukit Pariaman Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara Perda No. 10 Tahun 2007 tentang Izin Mendirikan Bangunan di Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara, dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si dan Melati Dama, S.Sos M.Si.
    Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya Perda No 10 Tahun 2007 tentang Izin Mendirikan Bangunan dimana Perda tersebut mewajibkan seluruh masyarakat agar memiliki Surat Izin Mendirikan Bangunan sebelum membangun atau merenovasi bangunan, sehingga menimbulkan banyak persepsi dari masyrakat khususnya dari segi persyaratan, biaya, dan prosedur.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar masyarakat yang antusias tentang perda tersebut dan seberapa besar yang tidak antusias akan peraturan itu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun untuk tekhnik analisis data, penulis menggunakan model interaktif yang merupakan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Masyarakat dalam Memperoleh Izin Mendirikan Bangunan di Desa Bukit Pariaman Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kabupaten Kutai Kartanegara (Perda Nomor 10 Tahun 2007) pada dasarnya sudah berjalan dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku namun dari beberapa masyarakat masih banyak yang kurang antusias terhadap wajibnya IMB. Kantor Pelayanan Terpadu sampai saat ini masih berusaha untuk mensosialisasikan kepada masyarakat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si & Melati Dama, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 08 Oktober 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email