Strategi Pelaku UMKM Selama Pandemi Covid-19 (Kasus UMKM Dalam Bidang Kuliner Di Area Pasar Seni Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara (Muhamad Arya Fauzi Pranata)

April 25, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: PRANATA, ARYA
On: Apr 25, 2024 @ 5:13 PM
IP: 36.78.203.230

  • 1. Title [Judul]: Strategi Pelaku UMKM Selama Pandemi Covid-19 (Kasus UMKM Dalam Bidang Kuliner Di Area Pasar Seni Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhamad Arya Fauzi Pranata
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi, UMKM, Pasar Seni Tenggarong
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi yang tepat pada pelaku UMKM Pasar Seni Tenggarong, agar para pelaku UMKM di area Pasar Seni Tenggarong dapat tetap bertahan selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kuisioner dan penelitian kepustakaan. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa Seluruh pelaku UMKM area Pasar Seni Tenggarong sangat merasakan dampak negatif saat pandemi covid-19 di kota Tenggarong. Rata-rata seluruh usaha UMKM di Pasar Seni Tenggarong langsung merasakan dampaknya seperti jumlah konsumen datang berkurang, penjualan menurun drastis hingga sampai ada yang menyentuh penurunan 65% serta pembatasan jam operasional yang hanya lima – enam jam sehari. Strategi umumnya yang dipilih oleh pelaku UMKM seperti menurunkan harga jual, menerapkan harga jual tetap dengan terus menjaga cita rasa makanan. minuman, menambah variasi makanan. minuman yang di jual, mendaftarkan usaha ke aplikasi Go-Jek dan Grab serta melakukan promosi di platforn media sosial seperti facebook, Instagram, Whatsapps dan lain sebagainya. Strategi ini di pilih karena kendala keterbatasan modal usaha yang dimilik dan terbatasnya jangkauan pemasaran UMKM. Penerapan strategi yang di pilih oleh para pelaku UMKM di area Pasar Seni Tenggarong agak berbeda-beda satu sama lainnya, namun cukup efektif saat menghadapi masa sulit pandemi covid-19. Mereka masih mendapatkan pendapatan yang memang tidak sebanyak saat dahulu sebelum covid-19, namun setidaknya mereka masih bisa memperoleh pendapatan tiap bulan yang cukup untuk menutup biaya operasional dan masih mendapatkan kedatangan pelanggan yang masih setia datang ke tempat mereka. Dan kenyataan memang bisa di katakan strategi ini adalah strategi untuk bertahan total dan hanya berusaha untuk mempertahankan bisnis ini selama mungkin yang mereka mampu hingga batasnya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Muhammad Arifin, M.Hum
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 25 april 2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: CC BY SA

Loading

Print Friendly, PDF & Email