Inovasi Samarinda Santer (Satu Aplikasi Terintegrasi) Oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda (Azis Wijaya)

April 24, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Web, Admin
On: Apr 24, 2024 @ 4:42 PM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Inovasi Samarinda Santer (Satu Aplikasi Terintegrasi) Oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Azis Wijaya
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: aplikasi samarinda santer, e-government, inovasi pelayanan publik
  • 4. Description [Abstrak] : Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan regulasi terkait implementasi E-Government di tingkat nasional melalui Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 mengenai kebijakan dan strategi pengembangan E-Government. Regulasi ini dihasilkan sebagai respons terhadap sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan E-Government. Sebagai bagian dari upaya tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, khususnya Samarinda, memperkenalkan aplikasi Samarinda Santer atau Satu Aplikasi Terintegrasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis inovasi samarinda santer bagi masyarakat samarinda serta mengidentifikasi faktor penghambatnya. Fokus penelitian ini adalah inovasi samarinda santer dan faktor-faktor yang menghambatnya serta menggunakan data primer yang dikumpulkan secara langsung melalui wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik triangulasi, dan menggunakan teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan publik melalui aplikasi Samarinda Santer belum optimal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya keterlibatan semua Organisasi Perangkat Daerah dalam kolaborasi dengan aplikasi ini dan kurangnya kesadaran masyarakat akan keberadaan Samarinda Santer. Meskipun inovasi aplikasi Kota Samarinda telah banyak digunakan oleh warga untuk meningkatkan kualitas layanan publik, penerapannya masih memiliki kekurangan yang perlu diperbaiki.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle, M.AP.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 24/04/2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email