Implementasi Peraturan daerah Nomor 4 Tahun 2007 tentang Penetapan Kabupaten Malinau Sebagai kabupaten Konservasi ( Studi Kasus Pengawasan dan pengendalian kabupaten konservasi) (Fredulin)

June 30, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: -, fredulin
On: Jun 30, 2015 @ 3:36 PM
IP: 202.67.38.17

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Peraturan daerah Nomor 4 Tahun 2007 tentang Penetapan Kabupaten Malinau Sebagai kabupaten Konservasi ( Studi Kasus Pengawasan dan pengendalian kabupaten konservasi)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Fredulin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, konservasi, pengawasan dan pengendalian, kabupaten malinau
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini berjudul Implementasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2007 Tentang Penetapan Kabupaten Malinau Sebagai Kabupaten Konservasi (Studi Kasus Pengawasan dan Pengendalian Kabupaten Konservasi) di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si sebagai Pembimbing I dan Drs. Endang Erawan, M.Si sebagai Pembimbing II.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2007 tentang Penetapan Kabupaten Malinau sebagai Kabupaten Konservasi mengenai Pengawasan dan Pengendalian Kabupaten Konservasi, dengan fokus penelitian yaitu, Bentuk pengawasan, Waktu pengawasan, Frekuensi pengawasan, Bentuk pengendalian, Waktu pengendalian, Frekuensi pengendalian.
    Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Dinas Kehutanan Kabupaten Malinau, Badan lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Malinau, Desa Pulau Sapi Kecamatan mentarang, Desa Setulang Kecamatan Malinau Selatan Hilir Kabupaten Malinau dengan menggunakan jenis penelitian Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, Wawancara mendalam dan penelitian dokumen. Narasumber dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Malinau, Sekretaris Dinas Kehutanan, Kepala Bidang Konservasi Hutan, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Malinau, Sekretaris Badan lingkungan Hidup Daerah, Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian dampak lingkungan, Kepala Desa Pulau Sapi, Kepala Desa Setulang. Analisis data dilakukan dengan cara mencatat dari hasil yang didapat di lapangan, mengklasifikasikan data, dan analisis data.
    Dari hasil penelitian ini diperoleh gambaran secara umum tentang pelaksanaan Pengawasan dan Pengendalian Kabupaten Konservasi berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2007, sudah cukup baik, diketahui kegiatan pelaksanaan pengawasan dan pengendalian oleh Pemerintah Daerah sudah berjalan dengan baik namun adanya permasalahan dalam implementasi Peraturan Daerah ini adanya oknum yang masih melakukan perusakan hutan. Hal ini dikarenakan kurangnya penyampaian sosialisasi secara luas yang diberikan kepada masyarakat maupun perusahaan belum dapat memberikan pemahaman secara menyeluruh mengenai pentingnya penerapan Peraturan Daerah tersebut, dalam pengawasan kurangnya aparatur dari Pemerintah Daerah untuk melakukan pengawasan secara menyeluruh, dalam hal ini menjadi penghambat dalam pelaksanaan Peraturan Daerah tersebut.
    Perlunya kerja sama antara aparatur Pemerintah Daerah dan peran serta masyarakat mengenai pentingnya penerapan Pemerintah Daerah dalam mendukung Keberhasilan Peraturan Daerah ini.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : 1. Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si 2. Drs. Endang Erawan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading

Print Friendly, PDF & Email