STUDI TENTANG KINERJA ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN NUNUKAN DALAM PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) (Muhammad Rusli)

May 27, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: rusli, muhammad
On: May 27, 2015 @ 2:34 PM
IP: 110.139.150.204

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG KINERJA ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN NUNUKAN DALAM PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Rusli
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kinerja, DPRD, Penyusunan Anggaran, Kabupaten Nunukan
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan kinerja DPRD menjalankan fungsi legislasi, fungsi penganggaran dan fungsi pengawasan.Hubungan antara pemerintah daerah dan DPRD seyogyanya merupakanhubungan kerja yang kedudukannya setara dan bersifat kemitraan. Kedudukan yangsetara bermakna bahwa diantara lembaga pemerintahan daerah itu memilikikedudukan yang sama dan sejajar, artinya tidak saling membawahi. Hal ini dapatdicerminkan dalam membuat kebijakan daerah berupa peraturan daerah.Hubungan kemitraan bermakna bahwa antara Pemerintah Daerah dan DPRD adalahsama-sama mitra sekerja dalam membuat kebijakan daerah untuk melaksanakan otonomi daerah sesuai dengan fungsi masing-masing.
    Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Nunukan. Pengumpulan data yang dilakukan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data kemudian akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dengan mendasarkan data yang ada, penulis berupa menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang ada.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja DPRD Berdasarkan Undang-undang No. 32 Tahun 2004 tentang PemerintahanDaerah menyebutkan bahwa pengertian Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yangselanjutnya disebut DPRD adalah lembaga perwakilan rakyat daerah sebagaiunsur penyelenggara pemerintahan daerah.Hal ini menunjukkan bahwa secara hukum DPRD mempunyai kedudukan yang strategis dalam melaksanakan kebijaksanaan pembangunan di daerah. Sebab DPRD merupakan lembaga Perwakilan Masyarakat yang mencerminkan aspirasi masyarakat dan berkedudukan sebagai unsur peyelenggaraan pemerintah daerah, sehingga mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Muh. Jamal Amin, M.Si Lutfi Wahyudi, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 27 mei 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email