PERBANDINGAN PENDAPAT NELAYAN MISKIN, PEMULUNG MISKIN DAN BURUH MISKIN TENTANG PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN DAERAH DI KOTA BONTANG (ABDUL ROHMAN)

February 26, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 26, 2015 @ 11:25 PM
IP: 202.67.39.29

  • 1. Title [Judul]: PERBANDINGAN PENDAPAT NELAYAN MISKIN, PEMULUNG MISKIN DAN BURUH MISKIN TENTANG PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN DAERAH DI KOTA BONTANG
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: ABDUL ROHMAN
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Jaminan Kesehatan Daerah, Pendapat, Nelayan Miskin, Pemulung Miskin dan Buruh Mi
  • 4. Description [Abstrak] : ABDUL ROHMAN, Pendapat Nelayan Miskin, Pemulung Miskin dan Buruh Miskin Tentang Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Daerah Di Kota Bontang. Di bawah bimbingan Drs. Martinus Nanang, MA dan Dra. Purwaningsih, M Si.
    Skripsi ini membahas tentang pendapat nelayan miskin, pemulung miskin dan buruh miskin tentang pelaksanaan program jaminan kesehatan daerah di kota Bontang. Di samping itu, penelitian yang dilakukan merupakan deskriptif-kualitatif, yaitu penelitian menguraikan secara sistematis, faktual dan akurat fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara subyek penelitian dengan pendapat. Di dalam penelitian ini, untuk mendapatkan data yang dibutuhkan penulis menggunakan narasumber dari masyarakat nelayan miskin yang berjumlah 10 responden, pemulung miskin berjumlah 7 responden dan buruh miskin berjumlah 8 responden. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif (Miles dan Huberman) yaitu rangkaian proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa adanya perbedaan atau perbandingan subyek penelitian tentang pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Daerah di kota Bontang. Jaminan kesehatan daerah ditinjau dari pelayanan yang didapatkan dari masyarakat secara aplikatif tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna jaminan kesehatan dan menimbulkan perbedaan pendapat jasa pelayanan. Pelayanan Jamkesda di RSUD Taman Husada Kota Bontang yang diatur pada Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Program Jamkesda. Secara implementatif, Jaminan kesehatan daerah masih dihadapkan oleh berbagai persoalan, sehingga pelayanan yang diberikan belum sepenuhnya memberikan kepuasan pada pengguna jasa kesehatan jaminan kesehatan daerah. Hal-hal yang berkaitan langsung dengan persoalan tersebut adalah pelayanan jasa kesehatan, fasilitas kesehatan, ruang perawatan, ruang kerja administratif, tata ruang, dan kebersihan serta kontrol atau pengawasan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Pogram Studi/Konsentrasi Sosiologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Martinus Nanang, MA dan Dra. Purwaningsih, M Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email