EVALUASI KEBIJAKAN PEMBANGUNAN TRANSMIGRASI DI KABUPATEN MAHAKAM ULU (Studi pada Kecamatan Long Hubung Kabupaten Mahakam Ulu) (Agustinus Lejiu)

October 28, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Oct 28, 2014 @ 10:12 AM
IP: 125.160.66.148

  • 1. Title [Judul]: EVALUASI KEBIJAKAN PEMBANGUNAN TRANSMIGRASI DI KABUPATEN MAHAKAM ULU (Studi pada Kecamatan Long Hubung Kabupaten Mahakam Ulu)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Agustinus Lejiu
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pembangunan Transmigrasi
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja kebijakan pembangunan transmigrasi di Kecamatan Long HubungKabupaten Mahakam Ulu serta faktor – faktor yang mendukungnya.Evaluasi terhadap kebijakan pembangunan transmigrasi ini dilatarbelakangi oleh adanya kecenderungan penurunan jumlah warga transmigrasi, keadaaan ekonomi, kondisi sarana dan prasarana fisik dan keadaan sosial warga transmigran di lokasi penelitian.Kondisi ini berbeda dengan maksud dan tujuan pembangunan transmigrasi untuk meningkatkan ekonomi, pemerataan penyebaran penduduk dan pengembangan kewilayahan.Dengan pendekatan deskripsif kualitatif, menggunakan kriteria evaluasi kebijakan publik; efektifitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsifitas dan ketepatan kebijakan seperti yang dikemukan oleh Dun (2003).
    Hasil evaluasi menunjukan pelaksanaan pembangunan transmigrasi tersebut kurang optimal mencapai hasil dan manfaatnya.Pada efektifitas kebijakan, pelaksanaannya kurang optimal mencapai hasil yang diinginkan, pada efisiensi kebijakan, usaha pencapaian tujuan cukup efisien, pada nilai kecukupan kebijakan; awal pelaksanaannya manfaat dapat didistribusikan, namun perkembangan selanjutnya hasilnya kurang dirasakan oleh kepada kelompok sasaran. Pada perataan kebijakan; awal pelaksanaannya hasil dapat dirasakan merata oleh kelompok sasaran, namun saat ini, hasil-hasil kebijakan kurang bermanfaat. Responsifitas Kebijakan, awalnya dapat memuaskan pihak-pihak, tetapi saat ini dirasakan kurang memuaskan.Ketepatan kebijakan, bahwa hasil yang diinginkan belum optimal dirasakan oleh kelompok sasaran.
    Faktor yang mendukung kebijakan pembangunan transmigrasi di Kecamatan Long Hubung, salah satunya UU Nomor 29 Tahun 2009 tentang Ketransmigrasian, yang memberi peluang bagi pengambilan kebijakan pembangunan transmigrasi dengan pola kerjasama dengan perusahaan, pemerintah daerah sebagai fasilitator dalam investasi usaha yang dilakukan oleh perusahaan.Sehingga pembangunan transmigrasi di lokasi penelitian dengan pola kerjasama HTI – Trans tujuan utamanya untuk menyediakan tenaga kerja dalam jumlah besar untuk perusahaan HTI.Namun karena kurangnya pembinaan pemerintah di bidang pertanian dan tanaman pangan untuk transmigran sehingga setelah tidak lagi bekerja karena perusahaan tutup, warga transmigrasi menurun ekonominya dan akhirnya memilih keluar dari lokasi transmigrasi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si dan Dr. Bambang Irawan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28/10/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email