PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KUTAI BARAT (Paulus Liah)

September 2, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Sep 2, 2014 @ 12:29 PM
IP: 36.83.40.111

  • 1. Title [Judul]: PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KUTAI BARAT
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Paulus Liah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kepemimpinan, Prestasi Kerja
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan terhadap prestasi kerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatam Sipil Kabupaten Kutai Barat.
    Pengukuran variabel kepemimpinaan dalam penelitian ini melipuuti aspek gaya kepemimpinan pimpinan, penggunaan kekuasaan pimpinan terhadap bawahan, kewaspadaan pimpinan, kemampuan berbicara pimpinan, tingkat pengetahuan pimpinan, tanggung jawab pimpinan terhadap bawahan serta partisipasi pimpinan dalam kegiatan organisasi. Sementara variabel prestasi kerja dalam penelitian ini diukur dari kualitas, kuantitas, waktu kerja, efektivitas, kebutuhan supervisi dan kepribadian diri dari pegawai. Responden penelitian adalah sebagian pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Barat yang berjumlah 32 orang. Teknik analisa data yang dipergunakan adalah alat analisis statistik berupa rumus regresi linear sederhana.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepemimpinan dan prestasi kerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Barat sebesar 0,928. Jika nilai tersebut dihubungkan dengan nilai koefisien korelasi maka pengaruhnya sangat kuat. Artinya, apabila kepemimpinan dilaksanakan dengan baik maka prestasi kerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Barat akan meningkat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Dr. H. Jamal Amin, M.Si dan Prof. Dr. Hj. Hartutiningsih, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 02/09/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email