PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI DI DESA LONG SULIT KECAMATAN MENTARANG HULU KABUPATEN MALINAU (SUPIAN)

August 29, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 29, 2014 @ 7:26 PM
IP: 36.83.43.243

  • 1. Title [Judul]: PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI DI DESA LONG SULIT KECAMATAN MENTARANG HULU KABUPATEN MALINAU
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: SUPIAN
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: PNPM, Partisipasi Masyarakat.
  • 4. Description [Abstrak] : Partisipasi Masyarakat dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri di Desa Long Sulit Kecamatan Mentarang Hulu KabupatenMalinau. Di bawah bimbingan Ibu Dr. Fajar Apriani, S. Sos., M.Si. dan Bapak Dr. Enos Paselle, S. Sos.,M.AP.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Partisipasi Masyarakat dalam Nasinal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) dan mengidentifikasi faktor-faktor penghambatnya.
    Fokus penelitian yang meliputi: partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan pembangunan, dan hambatan-hambatan masyarakat dalam berpartisipas pada pelaksanaan PNPM Mandiri. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan penelitian pustaka, penelitian lapangan observasi, wawancara, penelitian dokumen. Alat analisis yang pergunakan adalah model interaktif.
    Dari hasil penelitian diketahui bahwa secara keseluruhan partisipasi masyarakat Desa Long Sulit dalam pelaksanaan PNPM Mandiri masih belum maksimal karena masyarakat masih belum bisa sepenuhnya terlibat pada pelaksanaan program. Pada proses perencanaan masyarakat ikut berpartisipasi dengan melibatkan diri dalam pelaksanaan Musrembangdes namun masyarakat belum bisa terlibat dalam penentuan keputusan, kemudian pada pelaksanaan masyarakat masih sebatas menikmati hasil yang diperoleh dari PNPM Mandiri, dan masih terdapat nya hambatan-hambatan masyarakat dalam berpartisipasi baik internal yang menyangkut masih terbatasnya sumberdaya manusia dan pengetahuan yang dimiliki masyarakat, tingkat perekonomian masyarakat masih rendah dan kebiasaan masyarakat yang lebih mengutamakan untuk mencari nafkah dari pada memikir masalah pembangunan. Kemudian hambatan eksternal yang meliputi proses pencairan dana yang seringkali terlambat / tidak tepat waktu, belum ada nya pelimpahan kewenangan mengenai pelaksanaan PNPM Mandiri dari Pemerintah Kabupaten kepada Pemerintah Desa dan lemahnya pembinaan pemerintah dalam pelaksanaan PNPM Mandiri.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si. & Dr. Enos Paselle, S.Sos., M.AP
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29 AGUSTUS 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ARTIKEL

Loading

Print Friendly, PDF & Email