STUDI IMPLEMENTASI PROGRAM BERAS MISKIN (RASKIN) DI WILAYAH KELURAHAN NUNUKAN SELATAN KECAMATAN NUNUKAN SELATAN KABUPATEN NUNUKAN (Heberly)

August 27, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Aug 27, 2014 @ 1:10 PM
IP: 180.246.138.242

  • 1. Title [Judul]: STUDI IMPLEMENTASI PROGRAM BERAS MISKIN (RASKIN) DI WILAYAH KELURAHAN NUNUKAN SELATAN KECAMATAN NUNUKAN SELATAN KABUPATEN NUNUKAN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Heberly
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, Raskin
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasikan distribusi Program Raskin, dan mengetahui kendala-kendala apakah yang mempengaruhi implementasi distribusi Program Raskin. Metode penelitian termasuk diskriptif kualitatif, dengan lokasi penelitian Kelurahan Nunukan Selatan.fokus penelitian adalah: (1) implementasi program beras miskin di kelurahan Nunukan Selatan, dengan sub fokus penelitian pada isi kebijakan dan lingkungan kebijakan;(2) faktor-faktor yang menjadi kendala implementasi program Raskin.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi distribusi Raskin dilihat dari isi kebijakan, ternyata pemahaman kepentingan RTS dan ketepatan sasaran program raskin masih tidak sesuai dengan yang diharapkan, karena masih banyaknya salah sasaran, jumlah beras diterima RTS PM tidak sesuai dengan ketentuan. meskipun demikian penerima manfaat merasa program ini telah membantu mengurangi beban pengeluaran harian keluarga miskin. (2). Implementasi distribusi Raskin dilihat dari lingkungan kebijakan ternyata Bulog dan RT telah melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik dan mampu mewujudkan kehendak dan harapan masyarakat dengan mendistribusikan beras berdasarkan kesepakatan bersama, sehingga respon warga baik dan antusias serta memenuhi strategi distribusi raskin yang disepakati bersama.
    Adapun faktor yang menjadi kendala implmentasi program Raskin adalah (1) kondisi geografis menghambat pendistribusian Raskin ke titik distribusi (TD); (2). Mekanisme pembayaran/pencairan SOA Raskin dibayar setelah Raskin didistribusikan kepada RTS-PM. Dengan mekanisme seperti ini memaksa pelaksana distribusi untuk mengupayakan dana pribadi/dari pihak lain untuk menanggulangi biaya distribusi Raskin ke RTS. (3) RT memberikan Raskin kepada warga yang tidak ada di DPM.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, MS
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 27/08/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email