Studi Investasi Cina di Bidang Industri Transportasi Truk di Indonesia Tahun 2005 – 2012 (Ani Endrawati)

August 21, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: endrawati, ani
On: Aug 21, 2014 @ 1:05 PM
IP: 110.139.150.204

  • 1. Title [Judul]: Studi Investasi Cina di Bidang Industri Transportasi Truk di Indonesia Tahun 2005 – 2012
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ani Endrawati
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Truk,Investasi Cina
  • 4. Description [Abstrak] : Ani Endrawati, NIM. 07.020.45130, Judul Skripsi Studi Tentang Investasi China di Bidang Industri Truk di Indonesia Tahun 2005-2012 dibawah bimbingan Chairul Aftah, S.IP, MIA selaku Pembimbing I danYuniarti, S.IP, M.SiselakuPembimbing II, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman tahun 2014.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang studi investasi China khususnya investasi truk dengan pendekatan konsep MNC dan FDI, investasi China yang bergerak di bidang trasportasi truk ini cenderung meningkat di Indonesia dikarenakan tingkat kebutuhan angkutan berat tersebut memenuhi kebutuhan pembangunan infrstruktur di negara ini mulai dari tahun 2005 – 2012. Tipe penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif, dimana penelitian ini menggambarkan tentang peningkatan investasi China di bidang transportasi truk di Indonesia cukup signifika dari tahun ke tahun hingga membuat Indonesia bergantung pada negara ini. Data – data yang disajikan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data sekunder, dimana penulis peroleh dari berbagai buku–buku seperti, majalah, artikel, jurnal, maupun surat kabar yang berhubungan dengan pokok penelitian. Teknik pengumpulan data bersumber dari sejumlah literatur (Library Research) yang relevan dengan penelitian yang sedang dikaji dalam penulisan penelitian (melalui buku, jurnal, dan akses dari media internet).
    Teknik analisa dalam penelititian ini menggunakan metode kualitatif yaitu metode penelitian yang menghubungkan data satudengan data yang lainnya yang relevan dengan permasalahan penelitian yakni tentang studi tentang investasi China di bidang industri truk di Indonesia tahun 2005-2012 dari sumber–sumber tertulis yang ada seperti internet, majalah, koran, literatur, referensi serta buku– buku.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa China menangkap peluang investasi yang cukup besar di negara ini karena Indonesia mempunyai banyak proyek infrastruktur, stabilitas politik yang bagus, dan pastinya Indonesia banyak bergantung akan kebutuhan angkutan alat berat pada negara ini. Perkembangan investasi truk China di Indonesia semakin membaik meskipun sempat mengalami pasang surut pada tahun 2007 dan tahun 2010, namun produk truk asal China justru banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan FDI dan MNC China yang terbilang cukup sukses mempengaruhi pasar otomotif truk di Indonesia.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Hubungan Internasional
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Yuniarti,S.IP. M.Si dan Chairul Aftah, S.IP. MIA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 21 Agustus 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email