Dampak Tayangan Beauty Vlogger di YouTube pada Siswi Jurusan Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Samarinda (Tika Paula Ulfa L. Tobing, Silviana Purwanti, Kadek Dristiana Dwivayani)

April 30, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: TOBING, TIKA
On: Apr 30, 2021 @ 10:54 AM
IP: 180.248.121.122

  • 1. Title [Judul]: Dampak Tayangan Beauty Vlogger di YouTube pada Siswi Jurusan Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Tika Paula Ulfa L. Tobing, Silviana Purwanti, Kadek Dristiana Dwivayani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Dampak, Tayangan Beauty Vlogger, YouTube
  • 4. Description [Abstrak] : Tika Paula Ulfa L. Tobing, Dampak Tayangan Beauty Vlogger di YouTube pada Siswi Jurusan Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Samarinda. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
    Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui, memahami serta menganalisa bagaimana dampak tayangan beauty vlogger di YouTube pada siswi jurusan tata kecantikan SMK Negeri 3 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai segala sesuatu apa adanya saat penelitian dilakukan. Lokasi penelitian ini di SMK Negeri 3 Samarinda, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini berjumlah lima orang yaitu siswi jurusan tata kecantikan SMK Negeri 3 Samarinda.
    Hasil penelitian ini menunjukkan informan memilih menonton konten beauty vlogger untuk diekspos dan memilih menggunakan media YouTube dalam mencari informasi kecantikan. Manfaat yang didapat dari kegiatan menonton tayangan tersebut diantaranya mengetahui lebih dalam mengenai informasi kecantikan, referensi riasan wajah serta menjadi saranan pembelajaran dalam melaksanakan praktik make-up di sekolah. Tingkat kesengajaan mereka dalam menggunakan media cukup tinggi dengan motivasi yang beragam. Keterlibatan pikiran dan perasaan mereka dituangkan secara penuh selama pemakaian media. Ketahanan mereka terhadap pengaruh media masih terbilang minim karena seringkali masih terpengaruh oleh produk yang ditampilkan dalam tayangan beauty vlogger di YouTube.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Silviana Purwanti, S.Sos., M.Si, Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos., Med.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejournal Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email