ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK WISATA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI MUSEUM KAYU TUAH HIMBA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Ariansyah)

April 30, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Ariansyah,
On: Apr 30, 2021 @ 1:06 AM
IP: 140.213.182.48

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK WISATA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI MUSEUM KAYU TUAH HIMBA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ariansyah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Minat Kunjungan, Daya Tarik, Promosi, Museum
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui benar ada atau tidaknya pengaruh faktor-faktor minat kunjungan yaitu daya tarik wisata dan promosi terhadap minat kunjungan wisatawan museum kayu tuah himba Kutai Kartanegara. Subyek pada penelitian ini merupakan wisatawan yang datang atau pernah berkunjung di Museum Kayu Tuah Himba, dengan jumlah sampling yang digunakan sebanyak 100 responden.
    Hasil dari penelitian ini menujukan jika terdapat pengaruh antara Daya Tarik dengan Minat kunjungan wisatawan pada Museum Kayu Tuah Himba Kabupaten Kutai Kartanegara dengan nilai regresi standardized sebesar 0,734. Hasil uji t menunjukan t hitung 8,920 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan menggunakan tingkat kepercayaan α = 95% (0,05). Kemudian hasil lainnya yang ditemukan yaitu tidak adanya pengaruh antara promosi dengan minat kunjungan dijelaskan dengan nilai koefisien variabel promosi dari persamaan regresi standardized sebesar (0,098). Hasil uji t menunjukan t hitung (1,189) dengan nilai signifikansi sebesar 0, 237. Dengan menggunakan α = 95% (0,05).
    Kemudian hasil dari keseluruhan variabel ketika diuji bersama – sama mendapatkan hasil Berdasarkan uji F diperoleh F hitung sebesar 45,131 dengan tingkat signifikansi 0,000. Oleh karena probabilitas jauh lebih kecil daripada 0,05 (0,0003,09) yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara daya tarik dan promosi terhadap minat kunjungan, dengan hasil koefisien menunjukan angka sebesar 0,471 yang dapat diartikan jika variabel Daya tarik dan promosi memberikan sumbangsi sebesar 47,1% terhadap Minat kunjungan wisatawan pada Museum Kayu Tuah Himba Kabupaten Kutai Kartanegara dan sisanya yaitu 52,9% sumbangsi diberikan oleh variabel atau faktor – faktor lain diluar penelitian ini.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Fareis Althalets, S.Par., MM, Muhammad Tommy Fimi Putera SE., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email