Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Menggunakan e-SAMSAT Di Kantor Bersama Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Wilayah Samarinda (M Nooryudin Fazri)

April 29, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Fazri, M Nooryudin
On: Apr 29, 2021 @ 12:08 PM
IP: 125.160.65.183

  • 1. Title [Judul]: Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Menggunakan e-SAMSAT Di Kantor Bersama Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Wilayah Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: M Nooryudin Fazri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan Publik, e-Government, PKB, e-SAMSAT
  • 4. Description [Abstrak] : Muhammad Nooryudin Fazri, Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Menggunakan e-SAMSAT Di Kantor Bersama Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Wilayah Samarinda, di bawah bimbingan Dini Zulfiani, S.Sos, M.Si sebagai Pembimbing I dan Tri Susilowati, S.Sos, M.Si sebagai Pembimbing II.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Menggunakan e-SAMSAT di Kantor Bersama Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) wilayah Samarinda dan mengetahui faktor- faktor penghambat Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Menggunakan e-SAMSAT di Kantor Bersama Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) wilayah Samarinda.
    Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan lokasi penelitian di Kantor Bersama Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Wilayah Samarinda. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat yang menggunakan pelayanan pajak berbasis elektronik e-SAMSAT. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
    Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Menggunakan e-SAMSAT Di Kantor Bersama Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Wilayah Samarinda, bahwa dalam pelaksanaanya dengan adanya pelayanan menggunakan e-SAMSAT membuat masyarakat menjadi mudah dan cepat untuk melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Masyarakat sudah tidak perlu pergi ke kantor samsat untuk melakukan pembayaran pajak secara manual, masyarakat bisa menggunakan Bank dan Indomaret yang terdekat dengan rumah masyarakat. e- SAMSAT membuat kebutuhan masyarakat menjadi terpenuhi, masyarakat tidak lagi mengantri sampai berjam-jam untuk melakukan pembayaran pajak dan e-SAMSAT juga memiliki sarana dan prasana yang baik karena menggunakan teknologi serta adanya e- SAMSAT membuat masyarakat menjadi aman dan nyaman untuk membayar pajak karena tidak perlu membawa uang tunai dengan melalui ATM yang sudah bekerja sama melalui e- SAMSAT.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dini Zulfiansi,S.Sos,M.Si, Tri Susilowati, S.Sos, M.Si,
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejournal Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email