Studi Perubahan Mode Produksi dari Era Pertanian ke Era Pertambangan Batu bara di Desa Mulawarman Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara. (Abdurrahman Sidik)

March 14, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 14, 2021 @ 8:54 PM
IP: 114.122.230.37

  • 1. Title [Judul]: Studi Perubahan Mode Produksi dari Era Pertanian ke Era Pertambangan Batu bara di Desa Mulawarman Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara.
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Abdurrahman Sidik
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Mode Produksi, Transmigrasi, Pertanian, Pertambangan Batu Bara, Konflik Sosial.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menggambarkan pola perubahan mode produksi yang terjadi pada kondisi Desa Mulawarman dari sejarahnya sebagai desa tranmigrasi dan dijuluki sebagai daerah lumbung padi sampai akhirnya berubah menjadi daerah yang di kepung area pertambangan batu bara. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis dampak sosial, ekonomi, dan politik pada masyarakat yang lekat dengan corak agraris beralih menjadi budaya industri di Desa Mulawarman, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sejak ditetapkannya Desa Mulawarman sebagai desa transmigrasi tidak serta merta langsung menemui keberhasilan, konflik horizontal terjadi antar sesama transmigran dari berbagai daerah pada generasi pertama transmigrasi di desa ini, dan kemudian berhasil menemui kejayaannya sebagai daerah lumbung padi. Sampai akhirnya masyarakat harus melepaskan mekanisme ikatan sosialnya dengan tanah dan berubahnya nilai-nilai tradisi agraris sejak terbitnya izin tambang dan beroperasi perusahaan pertambangan hampir di seluruh wilayah Desa Mulawarman dan mengubahnya menjadi area pertambangan batu bara. Dalam proses perjalanannya juga menemui konflik-konflik horizontal ataupun vertikal dengan masyarakat lainnya dan juga dengan pihak perusahaan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Sri Murlianti, M.Si., Ratna Purba, S.Sos,M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 14 Maret 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email