STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH KAMPUNG DALAM MENCIPTAKAN DAN MENERAPKAN PERATURAN KAMPUNG KHUSUSNYA LARANGAN MINUMAN KERAS (Studi Deskriptif Pada Masyarakat Suku Dayak Kenyah Di Kampung Tepian Buah Kecamatan Segah Kabupaten Berau) (Deni Fitrik Gilson)

March 13, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 13, 2021 @ 12:46 PM
IP: 114.122.233.206

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH KAMPUNG DALAM MENCIPTAKAN DAN MENERAPKAN PERATURAN KAMPUNG KHUSUSNYA LARANGAN MINUMAN KERAS (Studi Deskriptif Pada Masyarakat Suku Dayak Kenyah Di Kampung Tepian Buah Kecamatan Segah Kabupaten Berau)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Deni Fitrik Gilson
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pemerintah Kampung, Peraturan Kampung.
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menjelaskan strategi komunikasi Pemerintah Kampung Tepian Buah dalam menciptakan dan menerapkan peraturan kampung. Fokus penelitian terdiri dari: identifikasi target khalayak, tujuan yang ingin dicapai, apa yang termuat dalam pesan, seberapa besar komitmen yang diperlukan, media, rencana komunikasi, keberhasilan yang dicapai, faktor pendukung dan penghambat dalam proses komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi komunikasi Pemerintah Kampung dalam menciptakan dan menerapkan Peraturan Kampung Tepian Buah Kecamatan Segah Kabupaten Berau dari indikator identifikasi target khalayak yang dituju yaitu masyarakat Kampung Tepian Buah. Tujuan yang ingin dicapai untuk menciptakan suasana kampung yang tertib dan aman. Pesan yang termuat larangan bagi penjual dan pembeli minuman keras, mengganggu keamanan dan ketertiban umum dan tidak memberitahu tempat jualnya. Komitmen yang diperlukan dalam menerapkan peraturan tidak ada penjual dan masyarakat yang menkonsumsi minuman keras. Pemerintah Kampung tidak menggunakan media, tetapi mensosialisasikan kepada masyarakat. Rencana komunikasi Pemerintah Kampung dengan membahas peraturan yang akan diterapkan dengan tokoh-tokoh adat kampung Tepian Buah. Keberhasilan yang dicapai dalam menerapkan peraturan di Kampung Tepian Buah ditemukan di tahun 2017 berhasil menang di 5 besar lomba kampung terbaik di Tingkat Provinsi.
    Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pemerintah Kampung, Peraturan Kampung.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Endang Erawan
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 13/03/2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]:

Loading

Print Friendly, PDF & Email