STRATEGI HUMAS POLISI RESORT KOTA SAMARINDA DALAM MENANGANI BERITA HOAX YANG BEREDAR DI SAMARINDA (Studi Kasus Pada Pemilihan Umum Presiden 2019) (Rozalia Fitriany Oedi)

February 25, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: fitriany, rozalia
On: Feb 25, 2021 @ 6:02 PM
IP: 125.160.65.188

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI HUMAS POLISI RESORT KOTA SAMARINDA DALAM MENANGANI BERITA HOAX YANG BEREDAR DI SAMARINDA (Studi Kasus Pada Pemilihan Umum Presiden 2019)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rozalia Fitriany Oedi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi Komunikasi, Humas, Hoax, Pemilu Presiden 2019
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini membahas strategi komunikasi yang dilakukan oleh Humas Polresta Samarinda dalam menangani berita hoax pada Pemilihan Umum Presiden 2019 di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan teori 7-Cs PR Communication yang dicetuskan oleh Cutlip, Centre & Broom. 7C yang dimaksud memiliki komponen yaitu Credibility, Context, Content, Clarity, Continuity and Consistency, Channel, dan Capability of the audience. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Polisi Resor Kota Samarinda memiliki peran yang sangat penting dalam menangani kasus hoax menjelang Pemilihan Umum Presiden 2019 di Samarinda. Diketahui bahwa humas polresta Samarinda memiliki Satgas Patroli Siber yang bertugas untuk memantau jejaring social terkait penyebaran hoax. Selain itu, humas juga telah melakukan peninjauan secara cermat, klarifikasi, konfirmasi, serta validasi sebagai bentuk tanggung jawab dalam penanganan berita hoax yang beredar di Samarinda. Adapun dalam hal kegiatan sosialisasi dan himbuan yang telah dilakukan secara rutin di akun media sosial yang dimiliki oleh humas polresta Samarinda serta berkat kemajuan teknologi sehingga membuat proses penyampaian informasi menjadi efektif dan efisien.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan,M.Si dan Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos.,M.Med.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email