Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Oleh Tim Hepar di Kampung Pulung Bukit Pinang Kota Samarinda (Studi Kasus Di Jln. P. Antasari Kelurahan Bukit Pinang Kec.Samarinda Ulu) (Shintiya Wahyuni)

February 24, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 24, 2021 @ 9:20 AM
IP: 114.122.235.4

  • 1. Title [Judul]: Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Oleh Tim Hepar di Kampung Pulung Bukit Pinang Kota Samarinda (Studi Kasus Di Jln. P. Antasari Kelurahan Bukit Pinang Kec.Samarinda Ulu)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Shintiya Wahyuni
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Program Pemberdayaan Masyarakat, Partisipasi Masyarakat
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam tiga tahapan pelaksanaan pemberdayaan yang dilakukan oleh Tim Hepar yaitu tahap pertama pengambilan keputusan, tahap kedua pelaksanaan program, tahap ke tiga pemanfaatan hasil-hasil pemberdayaan di Kampung Hepar Bukit Pinang Kota Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif-kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu Ketua Tim Hepar, Anggota Tim Hepar, Ketua RT 014 yang merupakan RT Kampung Hepar, Tokoh Kampung Hepar, dan beberapa warga Kampung Hepar. Data sekunder yaitu dari dokumen laporan akhir kegiatan Tim Hepar, maupun data warga RT 014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik penelitian lapangan, yaitu wawancara dan observasi. Pemilihan informan dilakukan secara purposive atau bertujuan dengan memilih orang – orang yang dianggap mengetahui tentang Partisipasi Masyarakat di Kampung Hepar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa Partisipasi Masyarakat Kampung Hepar belum sepenuhnya berpartisipasi terutama dalam tahap pengambilan keputusan dan tahap pemanfaatan hasil-hasil pemberdayaan di Kampung Hepar. Partisipasi dimulai dari peran masyarakat dalam pengambilan keputusan atau perencanaan sebuah program pemberdayaan. Partisipasi masyarakat pada tahap pelaksanaan kegiatan sudah dilakukan oleh masyarakat, akan tetapi pada tahap pertama pengambilan keputusan dan tahap ketiga yaitu pemanfaatan hasil-hasil pemberdayaan tidak melibatkan masyarakat untuk berperan aktif di dalamnya. Kurangnya partisipasi dalam pelaksanaan program pemberdayaan ini antara lain disebabkan oleh kurangnya pemahaman Tim Hepar untuk menerapkan peran masyarakat dalam pengabilan keputusan. Masyarakat juga kurang faham mengenai pemanfaatan hasil pemberdayaan yang sudah dicapai di Kampung Hepar Kota Samarinda.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Sukapti, M.Hum, Ratna Purba, M.A.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 24 Februari 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email