IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN PELANGGAN DI PT. WOM FINANCE Tbk. CABANG SAMARINDA (Yorghie Adian Putra, Adietya Arie Hetami, Annisa Wahyuni Arsyad)
February 3, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Feb 3, 2021 @ 1:22 PM
IP: 180.248.74.93
- 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN PELANGGAN DI PT. WOM FINANCE Tbk. CABANG SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Yorghie Adian Putra, Adietya Arie Hetami, Annisa Wahyuni Arsyad
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, Komunikasi Pemasaran, Hubungan Pelanggan PT. WOM Finance Tbk. Kot
- 4. Description [Abstrak] : Strategi komunikasi pemasaran dalam mempertahankan pelanggan mereka, merupakan keseluruhan dari konsep dan marketing dalam strategi, guna mencapai tujuan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi komunikasi pemasaran dalam mempertahankan pelanggan pada PT. WOM Finance Tbk. cabang Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan peneliti ini melibatkan 2 orang sebagai key informant dan 2 orang sebagai informan pendukung. Teknik Alat analisis terdiri dari 4 komponen, yaitu: Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan peranan konsep yang dikemukakan oleh Kotler dan Smith sebagai fokus penelitian, hanya 8 yang digunakan PT.Wom cabang Samarinda (Advertising, Sales Promotion, Public Relation & Publicity, Personal Selling, Direct Marketing, Corporate Identity, Poin of Sale and Merchandising, Word of Mouth). Dari 8 konsep yang digunakan berfokus hanya dipelayanan, kepercayaan, kenyamanan, kemudahan dan komunikasi yang jelas dengan para pelanggan, yang membuat dipercaya sampai sekarang. Sedangkan 2 konsep (Sponsorship dan Packaging) tidak digunakan PT.Wom cabang Samarinda. Dari 2 konsep tersebut PT.Wom tidak memberikan Sponsorship kepada konsumen, akan tetapi PT.Wom mempunyai program melalui CSR untuk masyarakat. PT.Wom masih belum memiliki kemasan produk, tetapi hanya memberikan pelayanaan yang dapat dipercaya.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : ADIETYA ARIE HETAMI,S.SOS.,M.AB & ANNISA WAHYUNI ARSYAD,SIP.,M.M
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 15 SEPTEMBER 2020
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4330
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article