FUNGSI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA PT.POS INDONESIA DI KOTA SAMARINDA (FAHRUL RIZAL, SILVIANA PURWANTI, ANNISA WAHYUNI ARSYAD)
February 3, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Feb 3, 2021 @ 10:51 AM
IP: 180.248.74.93
- 1. Title [Judul]: FUNGSI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA PT.POS INDONESIA DI KOTA SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: FAHRUL RIZAL, SILVIANA PURWANTI, ANNISA WAHYUNI ARSYAD
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: PUBLIC RELATIONS,CITRA,PT.POS INDONESAI
- 4. Description [Abstrak] : Makna pada riset ini ialah demi memahami serta membedah manfaat dari divisi hubungan masyarakat PT. Pos Indonesia pada pelanggan dengan menerapkan agenda divisi hubungan masyarakat demi meluaskan pandangan yang jelas terhadap industri atau lembaga. Riset yang dipakai adalah bentuk riset kualitatif beserta fokus penelitian yaitu penemuan fakta, perencanaan, komunikasi, serta evaluasi. Serta sumber data primer pada penelitian ini ialah pihak PT.Pos Indonesia, Costummer Service, dan masyarakat.
Penelitian ini difokuskan pada beberapa indikator dari oleh Cutlip, Center dan Canfield yaitu Membentuk ikatan bersama kelompok yang selaras guna untuk tercapainya agenda. Mengerahkan hasrat kelompok masyarakat dan lembaga atau industri guna mempersembahkan jasa dengan maksud keuntungan bagi kedua belah pihak. Mendukung kegiatan prioritas divisi tata laksana guna memperoleh hajat dari kedua belah pihak. Menemui tanggapan, kesan dan penilaian kelompok masyarakat pada lembaga atau industri.,Membuat hubungan dua jurusan ke kelompok masyarakat atau sebaliknya dengan maksud tercapainya penilaian yang baik bagi kedua belah pihak. Adapun Strategi Public Relations ialah Fact Finding and Feedback (Riset Penemuan Fakta).,Planning and Programming (Perenncanaan dan Penyusunan).,Action and Communicating (Tindakan dan Pesan). Evaluation (Evaluasi) serta 5 macam penilaian yang di kemukakan oleh Frank Jefkins adalah,citra yang terjadi (current image), citra beragam (multiple image), citra yang didambakan (wish image), citra industri (corporate image) serta citra gambaran (mirror image)
Metode pendalaman yang dipakai adalah cara uraian kualitatif. Dengan cara menggabungkan fakta yang ada dilapangan (field work research) dengan pemeriksaan mendalam, mewawancaran serta mengarsipkan
Akhir dari observasi ini membuktikan makna hubungan masyarakat dalam membentuk citra terhadap industri jasa pos dan barang di Samarinda sudah mampu memberi atensi, membangun keperluan dan bergerak untuk bertindak. Tetapi pada pelaksanaanya Pos Indonesia wajib melakukan tahapan rencana yang sesuai lingkungan yang bertujuan membentuk penilaian pos Indonesia. Rencana yang sudah di lakukan atau di laksanakan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan membangun good relationship dengan pihak ekternal, stakeholder
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr.Silviana Purwanti, S.Sos.,M.Si & Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP.,M.M
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 20 JUNI 2020
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4324
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article