Upaya Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana dalam Pelaksanaan Kebijakan Keluarga Berencana di Kelurahan Bontang Lestari Kota Bontang. (Pungki Fahreza Mauzana)

January 31, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jan 31, 2021 @ 3:18 PM
IP: 114.122.235.37

  • 1. Title [Judul]: Upaya Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana dalam Pelaksanaan Kebijakan Keluarga Berencana di Kelurahan Bontang Lestari Kota Bontang.
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Pungki Fahreza Mauzana
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Dinas Kesehatan, Keluarga Berencana (KB).
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan Upaya Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana dalam Pelaksanaan Kebijakan Keluarga Berencana di kelurahan Bontang Lestari Kota Bontang serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Kebijakan Keluarga Berencana. Analisis data yang digunakan merupakan analisis kualitatif yang di susun secara sistematis melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan penelitian kepustakaan, dan penelitian kelapangan yaitu pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi guna memperoleh data yang sesuai serta dibutuhkan dalam penelitian. Hasil penelitian menujukkan Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana dalam Pelaksanaan Kebijakan Keluarga Berencana di Kelurahan Bontang Lestari Kota Bontang adalah dengan melakukan penyuluhan penggunaan alat kontrasepsi untuk masyarakat terutaman pasangan usia subur. Dari kegiatan tersebut didukung oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, dan Lembaga Swadaya Masyarakat dengan dukungan tersebut membuat masyarakat mudah untuk diajak aktif dalam pelaksanaan program tersebut. Institud Masyarakat Pedesaan (IMP) merupakan kader untuk masyarakat dengan melakukan penyuluhan, konseling, serta pemberdayaan, dengan tujuan mendorong terjadinya proses perubahan pengetahuan dan perilaku masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan KB terutama pada pasangan usia subur dengan berpartisipasi secara aktif mendukung program KB. Faktor pendukung yang disertai dengan adanya dukungan dari pemerintah dan tokoh agama maupun masyarakat. Faktor penghambat upaya Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana dalam pelaksanaan program Keluarga Berencana di Kelurahan Bontang Lestari yaitu 1) Tingkat pendidikan, 2) Pendapatan Ekonomi, 3) Masih Mengikuti Pemikiran Jaman Dahulu, 4) Kurangnya Informasi mengenai alat kontrasepsi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Iman Surya, S.Sos., M.Si., Budiman, S.IP., M,Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 31 Januari 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email