Studi Tentang Kebijakan Pemerintah dalam Melakukan Normalisasi Sungai Karang Mumus (Dhea Ananda Malik)

January 29, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Malik, Dhea Ananda
On: Jan 29, 2021 @ 11:29 AM
IP: 125.160.67.242

  • 1. Title [Judul]: Studi Tentang Kebijakan Pemerintah dalam Melakukan Normalisasi Sungai Karang Mumus
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dhea Ananda Malik
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Relokasi, Normalisasi, Sungai Karang Mumus, Kebijakan Pemerintah
  • 4. Description [Abstrak] : Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan Kebijakan Pemerintah dalam Melakukan Normalisasi Sungai Karang Mumus dan untuk Mengidentifikasi faktor Pendukung dan Penghambat Kebijakan Pemerintah dalam Melakukan Normalisasi Sungai Karang Mumus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik Purvosive Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memberikan dekskripsi pada masing masing variabel yang di teliti. Analisi data model interaktif dari B. Milles dan A. Huberman, yang diawali dengan reduksi data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimulan/verifikasi.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya yang dilakukan oleh Pemerintah berjalan dengan efektif meski belum terlaksana sepenuhnya namun upaya yang dilakukan oleh Pemerintah mulai terlihat hasilnya bantaran pinggiran sungai karang mumus didaerah pasar segiri mulai digusur karena sudah termasuk permukiman kumuh dan pada daerah lainnya sedang dalam tahap pengerjaan, keseriusan Pemerintah bersama dengan TNI dalam mengatasi persoalan banjir terkhususnya yang pada setiap tahunnya menghantui Kota Samarinda disamping itu permasalahan Permukiman Kumuh yang juga membuat sungai menjadi tercemar. Faktor penghambat hadir dari biaya yang tidak sedikit kemudian ditambah masih ada penolakan dari masyarakat. Faktor pendukung yaitu konsistensi kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Samarinda kemudian konsistensi Pemerintah dalam mengembalikan fungsi sungai kemudian merelokasi rumah dipinggiran sungai karang mumus.
    Normalisasi Sungai Karang Mumus belum dapat terlaksana dengan maksimal dikarenkan kurangnya pemahana masyarakat tentang pentingnya Normalisasi Sungai Karang Mumus dan masih banyaknya penolakan dari masyarakat yang masih mementingkan kepentingan pribadi tanpa memikirkan kepentingan umum.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Muhammad Djamal Amin, M.Si dan Dr. Farhanuddin Jamanie, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email