Kampanye Komunikasi Lingkungan Dalam Upaya Peduli Air Bersih Bagi Masyarakat Sungai Karang Mumus (Studi Kasus Pada LSM Gerakan Memungut Sehelai Sampah Sungai Karang Mumus) (Alberto)

December 17, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Dec 17, 2020 @ 10:38 AM
IP: 180.248.97.233

  • 1. Title [Judul]: Kampanye Komunikasi Lingkungan Dalam Upaya Peduli Air Bersih Bagi Masyarakat Sungai Karang Mumus (Studi Kasus Pada LSM Gerakan Memungut Sehelai Sampah Sungai Karang Mumus)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Alberto
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kampanye Komunikasi Lingkungan,Gerakan Sosial Baru,LSM GMSS SKM.
  • 4. Description [Abstrak] : Air merupakan sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup yang ada dibumi, Namun pada kenyataannya sumber air kerap disia – siakan bahkan dicemari oleh perilaku atau kebiasaan buruk manusia. Pencemaran air menjadi semakin buruk akibat pertumbuhan penduduk yang tinggi terutama di wilayah perkotaan. Salah satu kota di Indonesia yang concern terhadap ketersediaan air bersih dan masalah pencemaran air adalah kota Samarinda.
    Penelitian ini difokuskan pada beberapa tahapan-tahapan model kampanye Ostergaard yakni indentifikasi masalah, pengelolaan kampanye serta penanggulangan masalah oleh Lembaga Swadaya Masyarakat GMSS SKM selaku sumber kampanye dalam upaya peduli air bersih bagi masyarakat Sungai Karang Mumus. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik studi kasus dengan metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kampanye komunikasi Lingkungan Dalam Upaya Peduli Air Bersih Bagi Masyarakat Sungai Karang Mumus adalah gerakan sosial baru yang dibentuk oleh bapak Misman bersama anggota LSM GMSS SKM lainnya yang peduli terhadap Sungai Karang Mumus. Perilaku kolektif dilakukan secara individual, berkelompok bahkan berkolaborasi dengan instansi pemerintah, komunitas lingkungan atau lainnya. Adapun permasalahan yang dihadapi adalah adanya perbedaan visi dan misi antar anggota serta dalam hal pengelolaan kampanye LSM GMSS SKM belum mengenali secara tajam karakter dari mitra audiensnya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si , Kadek Dritiana D, S.Sos., M.Med.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email