Analisis Fungsi Instagram Sebagai Media Penyebar Informasi Kriminal di Kota Samarinda (Arya Nugeraha, Abdullah Karim, Nurliah)

December 16, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Nugeraha, Arya
On: Dec 16, 2020 @ 8:10 PM
IP: 125.160.64.152

  • 1. Title [Judul]: Analisis Fungsi Instagram Sebagai Media Penyebar Informasi Kriminal di Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Arya Nugeraha, Abdullah Karim, Nurliah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: nalisis Fungsi, Media Sosial, Instagram, Samarindaetam, Kriminal
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan, mendeskripsikan dan menganalisa bagaimana Instagram digunakan sebagai media penyebar informasi kriminal melalui akun @samarindaetam di kota Samarinda. Fokus penelitian ini adalah Komunikasi Online, Menghubungkan banyak orang ,Sebagai informasi dan pengetahuan dan Media sosial memberikan informasi lebih cepat dibandingkan media lainnya. Jenis penelitian ini kualitatif, dimana teknik analisis data menggunakan analisis dan model interaktif. Dengan Instagram pengguna dimudahkan ketika ingin mengetahui informasi yang terjadi dan jika ingin mengirimkan informasi yang terjadi kepada banyak orang dengan meneruskan kepada satu akun yang memiliki banyak pengikut yakni @samarindaetam. Info kriminal menjadi batasan penelitian ini. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa media sosial Instagram telah berubah menjadi media informasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Samarinda. Kelengkapan informasi yang memenuhi unsur-unsur berita 5W+1H menjadi poin yang mendapat perhatian bagi penerima informasi. Karena jika informasi yang tidak lengkap tetap terus menerus disebarkan, pengikut akun @samarindaetam bukan tidak mungkin akan meninggalkan akun ini dan beralih mencari akun serupa atau media yang dapat memberikan informasi yang lebih lengkap.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Abdullah Karim, M.S, Nurliah, S.Sos.,M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]:

Loading

Print Friendly, PDF & Email