PENERIMAAN PENONTON VIDEO MENJADI PEREMPUAN SALURAN YOUTUBE SISIL (Zatina Amalia,Nur Fitriyah,Sabiruddin)

October 26, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 26, 2020 @ 10:30 AM
IP: 125.160.67.202

  • 1. Title [Judul]: PENERIMAAN PENONTON VIDEO MENJADI PEREMPUAN SALURAN YOUTUBE SISIL
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Zatina Amalia,Nur Fitriyah,Sabiruddin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Video, Penerimaan Penonton, YouTube.
  • 4. Description [Abstrak] : YouTube adalah salah satu media sosial berbasis audio visual yang populer dan banyak dimanfaatkan sebagai sarana informasi, edukasi, dan entertainment. Salah satu saluran yang tersedia adalah saluran Sisil, saluran yang mengangkat tema seksualitas dalam video-video yang dia unggah. Terdapat sebuah video dalam saluran itu yakni video berjudul Menjadi Perempuan. Penelitian ini berfokus pada bagaimana penerimaan penonton terhadap video Menajadi Perempuan.
    Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan peneliti ini melibatkan 6 (Enam) orang sebagai informan. Adapun Teknik Analisa yang digunakan adalah model analisis resepsi yang terdiri dari tiga hal yaitu pengumpulan data, menganalisi data dan intrepretasi terhadap pengalaman bermedia khalayak.
    Hasil penelitian ini menunjukan setiap individu memiliki perbedaan dalam menerima dan memaknai sebuah teks pengalaman masa lalu dari tiap-tiap individu memiliki andil besar dalam proses penerimaannya. Dalam penelitian ini terdapat 3 posisi penonton yaitu Dominan, Negosiasi dan Oposisi dari tiap-tiap kode yang disampaikan oleh komunikator sebagai pembuat makna dan ditemukan bahwa terdapat satu posisi yang tidak di tempati oleh ke enam informan yaitu posisi oposisi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah M.S, Sabiruddin, S.Sos.I., M.A
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2020/09/ejournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email