EFEK BEHAVIORAL PERMAINAN POKEMON GO DI SMARTPHONE PADA KOMUNITAS POKEMON GO SAMARINDA (Soleh Arifin, Martinus Nanang, Nurliah)

September 14, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 14, 2020 @ 12:03 PM
IP: 61.5.110.89

  • 1. Title [Judul]: EFEK BEHAVIORAL PERMAINAN POKEMON GO DI SMARTPHONE PADA KOMUNITAS POKEMON GO SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Soleh Arifin, Martinus Nanang, Nurliah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efek Behavioral, Pokemon Go, Komunitas Pokemon Go Samarinda
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis Efek Behavioral Permainan Pokemon Go Di Smartphone Pada Komunitas Pokemon Go Samarinda. Penelitian ini di kategorikan sebagai penelitian kualitatif deskrptif. Fokus penelitian adalah dampak yang terjadi kepada pengguna permainan Pokemon Go yaitu bentuk perilaku dan tindakan atau kegiatan. Data didapat dengan cara observasi dan wawancara. Informanya yaitu Leader Komunitas, Anggota Tim Merah, Tim Kuning, dan Tim Biru. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu Kualitatif Model Interaktif (Miles dan Huberman). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, para pengguna permainan Pokemon Go di komunitas Pokemon Go Samarinda memiliki perubahan Efek Behavioral yang berupa perilaku dan tindakan atau kegiatan yang berbeda dengan memainkan permainan online yang lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Permainan Pokemon Go memiliki efek perubahan yaitu perubahan perilaku, pengguna Permainan Pokemon Go mengetahui bahwa permaianan ini tidak hanya dimainkan di suatu tempat saja, namun Pokemon Go ini menuntut penggunanya untuk lebih aktif memainkannya layaknya permainan tradisional, mengharuskan pemain berpindah-pindah dari tempat satu ketempat yang lain.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Martinus Nanang, MA dan Nurliah, S.Sos. Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejurnal

Loading