KONTEN YOUTUBE TASYA FARASYA TERHADAP GAYA HIDUP HEDONIS MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS MULAWARMAN (Devy Yurikasari, Hairunnisa, Johantan Alfando WS)

August 19, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 19, 2020 @ 12:25 PM
IP: 36.75.90.184

  • 1. Title [Judul]: KONTEN YOUTUBE TASYA FARASYA TERHADAP GAYA HIDUP HEDONIS MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS MULAWARMAN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Devy Yurikasari, Hairunnisa, Johantan Alfando WS
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Simulakra, YouTube, Gaya Hidup
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan Penelitian adalah untuk menganalisis gaya hidup mahasiswa Fisip Universitas Mulawarman pada konten YouTube Tasya Farasya terhadap perilaku gaya hidup hedonis. Teori yang digunakan dalam penulisan ini adalah teori Simulakra oleh Jean Baudrillard.
    Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu gejala apa adanya saat penelitian dilakukan. Lokasi penelitian di Fisip, Universitas Mulawarman. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini ada sebanyak 10 orang yang terdiri dari jurusan Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi dan jurusan Administrasi Bisnis.
    Hasil penelitian menunjukkan hidup sosial dan ekonomi responden sangat memperlihatkan pada aktivitas konsumsi simbol-simbol dan gaya konsumsi. Hal ini dapat dilihat dari minat responden terhadap barang branded yang diluar dari kebutuhannya untuk menjadi pusat perhatian dalam khalayak. Kemudian hal tersebut dikonfirmasi oleh responden melalui tanggapan terkait praktik konsumsi yang mereka lakukan dengan kepemilikan produk yang dimiliki oleh mereka. Dari keseluruhan proses itu muncul sebuah perilaku peniruan dalam hal penampilan. Peniruan dalam penampilan yang ditampilkan oleh mahasiswa mengandalkan penampilan yang disebutkan oleh Baudrillard terkait perilaku konsumsi simbol dan tanda yang dibahas dalam teori simulakra.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hj. Hairunnisa, S.Sos., M.M, Johantan Alfando WS,S.I.Kom., M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email