KERJASAMA PEMERINTAH INDONESIA – MALAYSIA DALAM MENANGGULANGI PEREDARAN NARKOTIKA DI WILAYAH PERBATASAN (Ris Tendi Andika)

March 12, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Andika, Ris Tendi
On: Mar 12, 2020 @ 3:17 PM
IP: 110.138.74.153

  • 1. Title [Judul]: KERJASAMA PEMERINTAH INDONESIA – MALAYSIA DALAM MENANGGULANGI PEREDARAN NARKOTIKA DI WILAYAH PERBATASAN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ris Tendi Andika
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Perbatasan, Narkotika, Indonesia, Malaysia
  • 4. Description [Abstrak] : Kerjasama Indonesia – Malaysia adalah kerjasama bilateral kedua Negara yang dilakukan, selain untuk kerjasama ekonomi dan sosial ada pula kerjasama keamanan kedua Negara karena faktor kedekatan letak geografis serta memiliki permasalahan keamanan yang sama yaitu narkoba. Kerjasama kedua Negara ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan di perbatasan kedua Negara serta untuk menanggulangi Peredaran dan Penyelundupan di wilayah perbatasan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara rinci bagaimana kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan Malaysia dalam menanggulangi permasalahan narkoba di wilayah perbatasan kedua negara. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah tipe deskriptif dengan jenis data primer dan sekunder. Teknik analisis yang dipergunakan adalah kualitatif. Teori yang digunakan adalah Teori Interdependensi dan Teori Kerjasama Bilateral.
    Hasil penelitian ini adalah kerjasama pemerintah Indonesia dengan Malaysia yang di wujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman General Border Commitee Malaysia – Indonesia (GBC Malindo) pada protap ke-15, pada tahun 2010 di Malaysia. Beberapa kerjasama tersebut berupa Kerjasama pengawasan di perairan perbatasan antara Pasukan gerak Marin Malaysia dengan Polisi air Indonesia, kerjasama bidang komunikasi Polri dan PDRM, dan kerjasama pengawasan terkordinasi daratan antara kontinjen Sabah dengan Polda Kalimantan timur. Poin – Poin perjanjian tersebutlah yang mendasari kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Malaysia untuk menanggulangi peredaran narkotika di wilayah perbatasan kedua negara.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Hubungan Internasional
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Erwin Resmawan, M.Si & Muhammad Nizar, MA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: Mar 12, 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email