Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Puskesmas Di Desa Mendik Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser (Ahmad Hawari Mutawalli)

February 13, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Mutawalli, Ahmad Hawari
On: Feb 13, 2020 @ 2:10 PM
IP: 125.160.65.10

  • 1. Title [Judul]: Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Puskesmas Di Desa Mendik Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ahmad Hawari Mutawalli
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: persepsi masyarakat, kualitas pelayanan puskesmas
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi masyarakat dalam kualitas pelayanan Puskesmas serta yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat.Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif yaitu teknik yang digunakan yaitu pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian yang diperoleh Puskesmas Mendik Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser dalam pelayanan Puskesmas yang belum seluruhnya maksimal dilihat dari 5 fokus yang digunakan dalam Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Puskesmas di Desa Mendik Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. Kesederhanaan dalam pelayanan Puskesmas dapat dilihat dari Kepuasan Masyarakat yang berobat di Puskesmas merasa cukup puas karena tidak terbelit-belit dalam pelayanannya, Keamanan pelayanan masyarakat merasa kurang puas dikarenakan tidak adanya petugas khusus menjaga keamanan sehingga masih sangat rawan tindak kejahatan, , Tanggungjawab pelayanan dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat kurang puas dengan pelayanannya diperhatikan masih ada petugas yang sibuk dengan urusan pribadi masing-masing dan kurang memperhatikan pasien, Kelengkapan sarana dan prasarana Puskesmas Masyarakat cukup puas karena tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, Kedisiplinan, Kesopanan dan Kelemahan pelayanan dapat diketahui dari tingkat kehadiran petugas pelayanan masyarakat merasa kurang puas dikarenakan masih banyak petugas yang datang terlambat, Tetapi dalam melaksanakan pelayanan masyarakat merasa cukup puas karena dilayani dengan sopan santun.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Achmad Djumlani, M.Si dan Dr. Farhanuddin Jamanie, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading