ANALISIS SEMIOTIKA VISUAL PADA AKUN INSTAGRAM @BANTU_DAKWAH DALAM MENYEBARKAN PESAN TENTANG DAKWAH (Asty Astuty, H. Abdullah Karim, Nurliah)

February 5, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 5, 2020 @ 1:28 PM
IP: 180.248.83.36

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS SEMIOTIKA VISUAL PADA AKUN INSTAGRAM @BANTU_DAKWAH DALAM MENYEBARKAN PESAN TENTANG DAKWAH
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Asty Astuty, H. Abdullah Karim, Nurliah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: SemiotikaVisual, Dakwah, Instagram
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana penggunaan Penanda (Signifier) dan makna dari Penanda berupa Petanda (Signified) dengan gambar postingan sebagai objek (sign) yang kemudian menghasilkan makna pesan dakwah yang terdapat pada gambar postingan melalui akun instagram @bantu_dakwah. Metode Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Interpretatif yang merupakan suatu kegiatan penelitian yang berusaha untuk menggambarkan, melukiskan dan mengungkapkan, sebuah ide, pemikiran secara apa adanya. Peneliti akan menganalisis sebuah akun dakwah @bantu_dakwah melalui Instagram yaitu lima buah gambar postingan yang dimana masing-masing gambar postingan mengandung Penanda (signifier) dan Petanda (signified) yang dikaitkan dengan Analisis Semiotika dari Ferdinand De Saussure dan pesan apa saja yang terkandung didalam gambar postingan. Hasil Penelitian diketahui bahwa akun dakwah melalui instagram @bantu_dakwah memposting gambar berkaitan dengan pesan dakwah yang dicantumkan didalam gambar yang kemudian menghasilkan makna pesan dakwah yang mendalam dari gambar postingan tersebut. Disimpulkan bahwa akun instagram @bantu_dakwah merupakan akun yang menyebarkan dakwah dalam bentuk gambar visual fotografi dengan desain grafis moderen melalui media sosial Instagram. Dalam gambar yang dibagikan mengandung pesan dakwah tentang kehidupan sehari-hari, tentang jodoh, pernikahan, tentang akhlak, tentang kebiasaan atau perilaku yang buruk, ataupun pesan tentang ibadah dan lain-lain.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Abdullah Karim, M.S dan Nurliah S.So.s, M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejurnal

Loading