Perbandingan Strategi Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kebudayaan Lokal Studi Kasus Pada Desa Miau Baru Dan Desa Nehas Liah Bing Kabupaten Kutai Timur (Hizkia Etha Damayanti)

January 30, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Damayanti, Hizkia Etha
On: Jan 30, 2020 @ 12:09 PM
IP: 180.248.75.57

  • 1. Title [Judul]: Perbandingan Strategi Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kebudayaan Lokal Studi Kasus Pada Desa Miau Baru Dan Desa Nehas Liah Bing Kabupaten Kutai Timur
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Hizkia Etha Damayanti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Perbandingan, Strategi, Kepala Desa, Dalam Meningkatkan Budaya Lokal
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui dan menganalisis Perbandingaan Strategi Kepala Desa Dalam Meningkatkan Budaya Lokal (Studi Kasus pada Desa Miau Baru dan Desa Nehes Liah Bing Kabupaten Kutai Timur). Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Sumber data pada penelitian ini bersumber dari Kantor Desa Miau Baru dan Desa Nehes Liah Bing Kabupaten Kutai Timur dengan teknik purposive sampling dan jumlah informen adalah 3. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk penelitian langsung dilapangan. Teknik analisis data model interaktif.Temuan dari penelitian ini adalah bahwa di Desa Miau Baru masyarakatnya sangat antusias untuk mengikuti kegiatan kebudayaan yang di selenggarakan di Desa Miau Baru dan Sumber Daya Manusia sudah cukup baik karena adanya Sanggar Tari-Sanggar Tari. Dengan adanya sanggar tari ini maka dapat meningkatkan kreatifias masyarakat dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa pelestarian budaya lokal sangatlah penting. Sedangkan di Desa Nehas Liah Bing Sumber Daya Manusianya masih belum optimal karena hanya terdapat satu sanggar tari yang ada di Desa Nehas Liah Bing sehingga dalam upaya meningkatkan budaya lokal dengan cara memberikan pembinaan dan pelatihannya masih sangat kurang. Setelah melihat hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa pentingnya Sumber Daya Manusia dalam meningkatkan budaya lokal agar budaya tersebut dapat di lestarikan oleh Generasi-generasi ke depan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Iman Surya, M.Si, dan Drs. Sughandi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading

Print Friendly, PDF & Email