REPRESENTASI BUDAYA TOLERANSI MASYARAKAT INDONESIA PADA KOMIK ONLINE “NEXT DOOR COUNTRY” (Perspektif Semiotika Charles Sanders Peirce) (Kelvin Ariyo Suprayogi Adi Putra, Sugandi, Annisa Wahyuni Arsyad)

January 29, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jan 29, 2020 @ 2:38 PM
IP: 180.248.100.11

  • 1. Title [Judul]: REPRESENTASI BUDAYA TOLERANSI MASYARAKAT INDONESIA PADA KOMIK ONLINE “NEXT DOOR COUNTRY” (Perspektif Semiotika Charles Sanders Peirce)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Kelvin Ariyo Suprayogi Adi Putra, Sugandi, Annisa Wahyuni Arsyad
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Representasi, Budaya Toleransi, Komik, Semiotika
  • 4. Description [Abstrak] : Komunikasi merupakan hal penting yang tidak bisa lepas dari seluruh bidang kehidupan. Tiap orang tentu pernah melakukannya, karena pada hakekatnya manusia adalah makhluk sosial yang selalu bergantung pada manusia lain. Sehingga satu-satunya cara dan alat yang digunakan agar tetap bisa saling berhubungan adalah dengan berkomunikasi satu sama lain.
    Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menginterpretasi representasi budaya toleransi masyarakat Indonesia pada komik online “Next Door Country” berdasarkan perspektif semoitika Charles Sanders Peirce.
    Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif interpretatif dengan analisis semiologi komunikasi melalui penggambaran dan pemaparan hal-hal yang menggunakan data kualitatif yang akan menghasilkan data berupa kata, tulisan, atau lisan dari objek yang diamati. Kemudian data dalam penelitan ini menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce untuk mengungkapkan makna sebuah gambar.
    Hasil penelitian dari komik online Next Door Country ini mempresentasikan nilai, tanda dan makna tentang budaya toleransi, seperti sikap menghargai pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan yang berbeda dengan pendiriannya sendiri. di Indonesia, hal tersebut telah terungkap melalui analisis Charles Sanders Peirce.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Sugandi, M.Si & Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29 Januari 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email