Strategi Dinas Pemadam Kebakaran Dalam Menanggulangi Bencana Kebakaran Permukiman di Kota Samarinda (Muhammad Rahmadita Hidayah)

January 27, 2020
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Hidayah, Muhammad Rahmadita
On: Jan 27, 2020 @ 1:37 PM
IP: 140.213.56.212

  • 1. Title [Judul]: Strategi Dinas Pemadam Kebakaran Dalam Menanggulangi Bencana Kebakaran Permukiman di Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Rahmadita Hidayah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: strategi, penanggulangan, kebakaran
  • 4. Description [Abstrak] : Adapun yang menjadi Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda dalam Menanggulangi Kebakaran Permukiman di Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan secara mendalam mengenai strategi Dinas Pemadam Kebakaran dalam menanggulangi bencana kebakaran di Kota Samarinda. Analisis data model interaktif dari B. Milles dan A. Huberman, yang diawali dengan reduksi data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda telah melaksanakan upaya penanggulangan, pemadaman serta penyelamatan secara maksimal, intensif dan sistematis. Hal tersebut dapat dilihat pada pemberian pelatihan, sertifikasi serta tunjangan dan insentif untuk memberikan motivasi serta peningkatan skill bagi personil pemadam, menjalin koordinasi dan sinkronisasi program bersama seluruh mitra kerja (Relawan, Balakar dan PMK Swasta) yang terpusat melalui Pusat Komunikasi (PUSKOM), memberikan pelatihan dan penyuluhan kepada masyarakat melalui inovasi program Kampung Cegah Dini BEKEN SIKAT (Bencana Kebakaran Berbasis Masyarakat), serta menerbitkan rekomendasi dan melakukan pengecekan berkala terhadap alat proteksi kebakaran yang terdapat pada bangunan milik pelaku usaha.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Muhammad Hairul Saleh, M.A dan Sry Reski Mulka, S.IP, M.I.Pol
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 27 Januari 2020
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading

Print Friendly, PDF & Email