Pengaruh Disiplin Kerja dan Insentif Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur (Windy Listra Sesa Tosuli)

December 19, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Tosuli, Windy Listra Sesa
On: Dec 19, 2019 @ 12:41 PM
IP: 125.160.65.139

  • 1. Title [Judul]: Pengaruh Disiplin Kerja dan Insentif Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Windy Listra Sesa Tosuli
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: disiplin, insentif, kualitas, pelayanan.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian dalam rangka penulisan skripsi ini dilakukan untuk menganalisis Pengaruh Disiplin Kerja dan Insentif Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan. Latar belakang penelitian ini adalah masih adanya pegawai yang kurang disiplin dalam melaksanakan tugas yang diberikan. Terdapat beberapa pegawai yang masih tidak tepat waktu hadir di kantor dan masih sering terjadi keterlambatan dalam pemberian insentif. Disiplin Kerja dan insentif pegawai yang rendah berimplikasi terhadap kualitas pelayanan, melihat fenomena tersebut, maka penulis mencoba untuk melihat hubungan atau pengaruh Disiplin Kerja dan Insentif Pegawai sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur dengan sampel yang berjumlah 50 orang menggunakan metode random sampling. Selanjutnya, data penelitian diperoleh dengan cara observasi, penyebaran kuesioner, dokumentasi dan penelitian kepustakaan. Kemudian dianalisis dengan menggunakan korelasi pearson product moment, korelasi parsial, analisis regresi linear berganda, kecermatan prediksi dan analisis koefisien penentu atau koefisien determinasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah, pertama, variabel disiplin kerja termasuk dalam kategori tinggi, variabel insentif pegawai termasuk dalam kategori sangat tinggi dan variabel kualitas pelayanan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Kedua, disiplin kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur dan insentif pegawai mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur. Ketiga, setelah digunakan rangkaian uji statistik, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin kerja dan insentif pegawai memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur yaitu sebesar 21%, yang berarti bahwa sisanya 79% dipengaruhi oleh faktor- faktor lain.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof.Dr.Hj.Aji Ratna Kusma,M.Si dan Nur Hasanah,S.Sos,M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email