ANALISIS PENERAPAN DIKSI BAHASA JURNALISTIK PADA BERITA KRIMINAL ASUSILA DI HALAMAN DEPAN SURAT KABAR SAMARINDA POS EDISI OKTOBER 2017 (Belinda Chintya Rizki)

October 31, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 31, 2019 @ 3:58 PM
IP: 36.83.45.181

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS PENERAPAN DIKSI BAHASA JURNALISTIK PADA BERITA KRIMINAL ASUSILA DI HALAMAN DEPAN SURAT KABAR SAMARINDA POS EDISI OKTOBER 2017
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Belinda Chintya Rizki
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Diksi, Bahasa Jurnalistik, Berita Kriminal, Asusila, Halaman Depan, Surat Kabar
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis penerapan diksi bahasa jurnalistik dalam model analisis Teun A. van Dijk pada berita kriminal jenis asusila di halaman depan surat kabar Samarinda Pos edisi Oktober 2017.
    Fokus penelitian ini adalah penerapan pilihan kata (diksi) bahasa jurnalistik berdasarkan teori dari Teun A. van Dijk dalam Eriyanto (2011:275) yaitu: teks, kognisi sosial dan analisis sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis wacana Teun A. van Dijk. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder.
    Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dari dimensi teks, pada struktur mikro khususnya stilistik, pemakaian diksi atau pilihan kata pada judul berita kriminal asusila edisi Oktober 2017 di halaman depan harian Samarinda Pos banyak dijumpai diksi yang bersifat lugas, konkret dan khusus. Namun dijumpai pula beberapa diksi yang bersifat umum dan bernilai rasa. Dari dimensi kognisi sosial, pemahaman redaksi Samarinda Pos dalam mengkonstruksikan pemberitaan kriminal asusila berlandaskan pada model atau skema peristiwa (Event Schemas) dengan mengedepankan pemilihan diksi yang tidak berdampak hukum (safety) dan pro pasar. Dari dimensi analisis sosial, pengaruh kuasa dan akses oleh redaksi Samarinda Pos terhadap pemilihan diksi pada berita kriminal asusila edisi Oktober 2017 di halaman depan harian Samarinda Pos salah satunya dapat dilihat melalui kutipan komentar dan potongan lead yang cenderung menggunakan bahasa yang vulgar serta adanya pemakaian diksi yang berpotensi memarginalisasi kaum perempuan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Abdullah Karim, M. S & Nurliah, S. Sos., M. I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 31 Oktober 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email