KOMUNIKASI ANTARPERSONAL PENGAJAR DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH BORNEO MADANI KOTA SAMARINDA (Lisnawati,Hj Hairunnisa,Kheyene Molekandella Boer )

October 31, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 31, 2019 @ 1:12 PM
IP: 182.1.173.176

  • 1. Title [Judul]: KOMUNIKASI ANTARPERSONAL PENGAJAR DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH BORNEO MADANI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Lisnawati,Hj Hairunnisa,Kheyene Molekandella Boer
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi Antarpersonal, Pengajar, Pendidikan Karakter.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi antarpersonal pengajar dalam membangun pendidikan karakter anak jalanan di Rumah Singgah Borneo Madani Kota Samarinda. Metode yang digunakan dalam penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu Metode ini digunakan dengan cara mendepskripsikan serta menganalisis data yang telah diperoleh dan selanjutnya dijabarkan dalam bentuk penjelasan sebenarnya. Dalam penelitian ini menggunakan konsep komunikasi antarpersonal oleh Devito yang mengemukakan suatu komunikasi antarpersonal mengandung ciri efektifitas sebagai berikut : keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesamaan atau kesetaraan. Pengajar lebih banyak menyampaikan materi dengan cara verbal dan nonverbal. Dalam berkomunikasi pengajar harus menerapkan lima aspek tersebut yaitu keterbukaan, empati, Sikap mendukung, Sikap positif, dan Kesetaraan. Adapun faktor pendukung dalam penerapan komunikasi antarpersonal ini adalah memotivasi anak didik di Rumah Singgah dengan memberikan stimulan dan pujian-pujian yang membangkitkan semangat anak serta mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam Rumah Singgah dan lingkungan tempat tinggalnya. Hasil yang dicapai melalui komunikasi antarpersonal pengajar dalam membangun pendidikan karkater anak jalanan mampu mengatasi permasalahan anak tersebut, mengubah prilaku anak, mengubah sikap anak menjadi lebih baik, menjadikan anak bertanggung jawab, jujur, disiplin, cerdas, perduli, kreatif, gotong royong dan mampu merubah sosial anak dalam lingkungan yang terus tumbuh.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hj. Hairunnisa, S.Sos., MM, Kheyene Molekandella Boer, S.I.Kom., M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 31 Oktober 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email