PERANAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @SMRFOODIES DALAM INTERAKSI SOSIAL (Riska Purwandani, Hariunnisa , Johanta Alfando)
October 3, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Oct 3, 2019 @ 2:17 PM
IP: 180.248.122.226
- 1. Title [Judul]: PERANAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @SMRFOODIES DALAM INTERAKSI SOSIAL
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Riska Purwandani, Hariunnisa , Johanta Alfando
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Media Sosial, Instagram, Interaksi Sosial.
- 4. Description [Abstrak] : Instagram merupakan salah satu bentuk dari media sosial yang berfungsi untuk berinteraksi dan berbagi informasi dengan sesama penggunanya melalui gambar. Fenomena dari interaksi sosial di Instagram dapat dilihat dalam akun @smrfoodies yang memberikan informasi mengenai kuliner di Kota Samarinda. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori Interaksi Sosial (Bungin,2006) yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peranan media sosial Instagram akun @smrfoodies dalam interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengaan teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa akun @smrfoodies menggunakan media sosial Instagram karena lebih mudah dikendalikan dalam interaksi sosial melalui fitur like, kolom komentar, share¸ dan direct messenger sehingga berpengaruh pada interaksi sosial secara tatap muka seperti adanya kegiatan sosial, food festival, berkumpul dengan pecinta kuliner, serta dijadikannya konten akun @smrfoodies sebagai referensi untuk tempat berkumpul followers dengan teman – temannya. Interaksi sosial tersebut mengakibatkan adanya kerja sama antara akun @smrfoodies dengan pihak lain mulai dari kerja sama sosial hingga yang mendapatkan keuntungan. Selain itu, terdapat pula konflik seperti konten yang di-upload oleh akun @smrfoodies tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Hal ini menunjukkan peranan media sosial akun @smrfoodies dalam peranan sosialnya yaitu sebagai peranan yang disesuaikan (actual roles) dan peranan pilihan (achives role
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hj. Hairunnisa, S.So.,MM dan Johantan Alfando WS, S.I.Kom., M.I.Kom
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3938
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal